Wisatawan Mulai Meningkat, Petugas Random Test di Pintu Masuk Pantai Pangandaran

- 15 Mei 2021, 11:48 WIB
Suasana Pantai Barat Pangandaran pada libur Natal dan Tahun Baru 2020 lalu
Suasana Pantai Barat Pangandaran pada libur Natal dan Tahun Baru 2020 lalu /Portal Bandung Timur/heriyanto/


PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan melakukan tes acak kepada wisatawan sebelum masuk ke tempat wisata Pantai Pangandaran.

Pengetesan akan dilakukan mulai hari ini, Sabtu 15 Mei 2021. Mengingat kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran mulai meningkat sejak kemarin malam.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Untung Saiful mengatakan, tes acak dilakukan bagi semua kendaraan wisatawan, baik mobil pribadi maupun bus pariwisata.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Wisata di Kabupaten Bandung Barat Buka Kembali

"Kendaraan yang masuk kita lakukan setiap kendaraan secara acak 2 atau 3, rombongan bus dan travel akan kita uji acak juga bisa 5 sampai 7 orang yang kita sampling," ujar Untung saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel.

Menurutnya, jika ditemukan ada wisatawan yang positif Antigen, maka mereka akan diarahkan untuk putar balik ke daerah asalnya agar bisa melakukan isolasi atau mendapat perawatan.

Tes acak ini tidak hanya diprioritaskan bagi kendaraan plat nomor luar daerah, tapi plat dalam daerah yakni plat Z juga tetap akan dites. Pasalnya, bisa saja wisatawan menggunakan kendaraan plat daerah tapi ternyata datang dari luar daerah yang zona merah.

Baca Juga: Arus Balik Diperketat, Ini Titik Lokasi Pemeriksaan untuk Arah Jakarta

"Kita pertanyakan identitas diri, jadi tidak menutup kemungkinan plat Bandung tapi dia berasal dari Ciamis, atau Pangandaran sendiri jadi identifikasi identitasnya dari mana," jelasnya.

Selain itu, tes acak juga akan dilakukan di lokasi wisata pantai. Apabila ada wisatawan yang terlanjur masuk pantai, tapi ternyata hasilnya positif Antigen. Maka wisatawan itu akan diisolasi sementara lalu diminta untuk pulang ke daerah asalnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x