Penyebab Angin Kencang di Bandung Hari Ini Kata BMKG

- 8 Desember 2020, 16:28 WIB
Ilustrasi angin kencang.
Ilustrasi angin kencang. /PRFM.

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan alasan terjadinya angin kencang di Kota Bandung dan sekitarnya pada hari ini dan beberapa hari kebelakang.

Menurut Prakirawan BMKG Bandung, Yan Firdaus, angin kencang sudah terdeteksi sejak tanggal 5 Desember 2020. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan bibit siklon tropis 96S yang tumbuh di selatan Selat Sunda.

Bibit siklon 96S tersebut saat ini tengah bergeser ke arah timur-tenggara. Hal ini menyebabkan fenomena angin kencang di beberapa daerah.

Baca Juga: Tiga Pohon Tumbang di Kota Bandung, Diduga Gara-gara Angin Kencang

"Angin kencang terdeteksi sejak tanggal 5 desember. Hal ini disebabkan oleh ada nya pertumbuhan bibit siklon 96S yang tumbuh di selatan Selat Sunda, dan sekarang bergeser ke arah timur-tenggara," ujar Yan kepada PRFM, Selasa 8 Desember 2020.

Mengutip laman bmkg.go.id, bibit siklon 96S diprakirakan mengalami peningkatan kecepatan angin yang signifikan terjadi para hari ini. Bibit siklon tropis ini berpotensi menjadi siklon tropis pada Selasa malam atau Rabu 9 Desember pagi dengan pergerakan ke arah Tenggara-Selatan menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: Update Data Corona di Indonesia Per Hari Ini 8 Desember, Total Konfirmasi Positif Tambah 5.292 Kasus

Bibit siklon tropis 96S ini juga mengakibatkan pertumbuhan awan hujan yang signifikan di sekitar wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x