Rusia Sesumbar Bakal Memiliki Vaksin Covid-19 pada Akhir 2020

- 8 Juli 2020, 14:29 WIB
Proses pemeriksaan sampel covid-19 yang dilakukan petugas di laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) Kota Bandung.**
Proses pemeriksaan sampel covid-19 yang dilakukan petugas di laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) Kota Bandung.** /HUMAS PEMKOT BANDUNG



PRFMNEWS - Pemerintah Rusia terus memfokuskan penelitian vaksin virus corona (Covid-19). Fokus kerja tersebut dilakukan pemerintah Rusia dengan harapan bakal punya produk vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2020.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva menyebutkan, calon produk vaksin Covid-19 yang dikembangkan saat ini tengah diuji coba kepada manusia dengan hasil awal cukup positif.

"Kami berharap uji coba ini akan selesai pada akhir September, yang berarti bahwa pada akhir tahun ini kami mungkin akan mempunyai vaksin Covid-19. Dan kami bersiap untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan," katanya seperti dilansir Antara, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Pemkab Bandung Beri Stimulus Untuk Gairahkan Kembali Ekonomi Pariwisata

Lyudmila menegaskan, seluruh negara harus memiliki akses terhadap vaksin Covid-19. Pasalnya dengan adanya vaksin bisa mencegah pandemi Covid-19 terjadi kembali.

Sementara itu menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 7 Juli 2020, Covid-19 telah menjangkiti lebih dari 11,5 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan lebih dari 535 ribu kasus kematian.

Sementara di Rusia sendiri, menurut data resmi pemerintah Rusia, terdapat hampir 700 ribu kasus positif Covid-19 dari 21,5 juta tes yang telah dilakukan.

Rusia menempati posisi ke-4 negara dengan kasus infeksi tertinggi secara global, setelah AS, Brazil, dan India.

"Kami mempunyai jumlah kasus infeksi yang cukup tinggi, namun angka mortalitas sangat rendah, yakni sekitar 10 ribu kematian, sementara 460 ribu pasien telah berhasil pulih," ujar Lyudmila.

Baca Juga: Angka Pengangguran di Kota Cimahi Naik 12 Persen

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x