Pemkot Cimahi Berikan Vaksin Gratis Hingga Juli 2020

- 5 Februari 2020, 12:48 WIB
VAKSINASI kucing.*
VAKSINASI kucing.* /RIRIN NF/PR/

BANDUNG, (PRFM) - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangta) Kota Cimahi mulai 4 Februari 2020 kemarin memberikan layanan vaksin gratis bagi anjing, kucing, musang, ayam, bebek, entog, dan angsa. Rencananya pemberian vaksin gratis ini berakhir pada 3 Juli 2020 mendatang.

Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Supendi Heriyadi mengatakan pihaknya memberikan 730 dosis vaksin rabies dan 600 dosis vaksin flu burung. Dengan demikan diharapkan agar warga maupun hewan tidak ada yang terjangkit rabies maupun flu burung.

Diakui Supendi, pihaknya langsung terjun ke masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Sehingga masyarakat bisa menghubungi kelurahan maupun kecamatan untuk mengetahui jadwal vaksinasi di kota Cimahi.

"Jadi dilaksanakannya tanggal 4 februari sampai 3 juli. Vaksin dan flu burung. Jadi ini dilaksanakan setiap tahun sekali Insya Allah tanggal 4 Februari sampai 3 Juli 2020 ini adalah 730 dosis vaksin rabies dan 600 dosis vaksin flu burung. Tujuannya supaya di Cimahi tidak ada yang terjangkit rabies dan flu burung. Kita laksanakan di tiap 15 kelurahan di 3 kecamatan," ujarnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu (5/2/2020).

Ia mengaku masyarakat cukup antusias menyambut program ini. Pasalnya, jika ada yang terjangkit flu burung atau rabies, maka akan menjadi perhatian bagi Pemkot Cimahi. Oleh karena itu, pihaknya melakukan cara antisipatif yakni dengan pemberian vaksin ini.

"Respon sekali karena kalau kejangkit jadi wabah besar untuk Cimahi," jelas Supendi.

Untuk diketahui, Kota Cimahi masih dinyatakan bebas dari kasus rabies (nol kasus). Kasus positif rabies terakhir ditemukan tahun 1995. Sedangkan kasus flu burung terakhir ditemukan tahun 2017 di RW 14 Kel. Utama Kec. Cimahi Selatan. Untuk tahun 2019, Dispangtan Kota Cimahi tidak menemukan kasus flu burung dan rabies di Kota Cimahi.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x