Ada Bandung Week Market 2024 di Bali Hadirkan Deretan Produk UMKM hingga Wisata Unggulan Kota Kembang

- 6 Mei 2024, 20:00 WIB
Bandung week market.
Bandung week market. /


PRFMNEWS – Event Bandung Week Market 2024 digelar di Beachwalk Shopping Center, Bali. Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin)

Jadwal digelarnya Bandung Week Market 2024 berlangsung selama 6 (enam) hari mulai Selasa hingga Minggu, tanggal 7-12 Mei. Pelaksanaan kegiatan dari Disdagin Kota Bandung ini bertepatan pula dengan momen libur long weekend di pekan kedua bulan Mei 2024.

Plt Kepala Disdagin Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin menjelaskan kegiatan Bandung Week Market 2024 merupakan bentuk konkret promosi produk-produk dari para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Bandung dalam skala nasional.

Program ini diimplementasikan dalam bentuk pameran dagang dengan melibatkan para pelaku usaha lokal asal Kota Bandung sebagai peserta. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, daya saing produk-produk unggulan mereka dapat meningkat.

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Bikin Second Hand Market ala Luar Negeri dari Sampah Sofa hingga Kulkas Layak Guna

“Kami memiliki inovasi bagaimana mempromosikan dan meningkatkan daya saing pelaku usaha melalui Bandung Week Market. Kami ingin pelaku usaha Kota Bandung memiliki potensi ekspor, bukan hanya skala lokal, melainkan nasional,” ujar Ronny, Senin 6 Mei 2024.

Jumlah peserta Bandung Week Market 2024 ada sebanyak 20 pelaku usaha dari Kota Bandung dengan berbagai kategori produk meliputi fesyen, aksesoris, kuliner (makanan dan minuman dalam kemasan), dan home decor product.

Ronny optimistis pada Bandung Week Market 2024, omzet yang diraih dapat melewati capaian tahun lalu. Apalagi pada edisi kali ini, Bandung Week Market digelar di masa libur panjang akhir pekan.

“Hotel dan penginapan di Bali sudah banyak yang full-booked. Dan kami berharap hadirnya Bandung Week Market ini dapat menjaring konsumen dari wisatawan yang menginap tersebut,” tuturnya.

Tak hanya mempromosikan produk usaha lokal, pada Bandung Week Market 2024, imbuh Ronny, sebagian potensi Kota Bandung termasuk di sektor pariwisata unggulan juga akan dipamerkan, sehingga dapat dilihat oleh wisatawan dari luar Kota Kembang.

Baca Juga: Long Weekend Mei, KAI Ajak Pelanggan Liburan ke 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun, Nomor 4 Ada di Bandung

“Kami berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Bandung didukung oleh beberapa OPD: Diskominfo, Disbudpar, Diskop UKM, Bagian Ekonomi. Harapannya, kami dapat mengekspos produk-produk khas Kota Bandung. Kami juga berharap potensi lainnya di Kota Bandung dapat dipromosikan di acara ini,” beber dia.

Sebagai informasi, Bandung Week Market 2024 adalah edisi kelima. Kegiatan ini pertama kali digelar pada 2020 sebagai upaya mempromosikan produk lokal Kota Bandung di masa pandemi Covid-19.

Dari edisi ke edisi, Bandung Week Market selalu menghadirkan produk lokal berkualitas dari Kota Bandung. Tak hanya itu, omzet yang didapat dari kegiatan ini pun tercatat selalu luar biasa, misalnya pada 2023 sekira Rp1,4 miliar omzet berhasil diraih lewat gelaran ini. ***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah