Kehadiran Tol Cigatas Akan Urai Kemacetan di Sejumlah Titik dan Pangkas Waktu Tempuh Bandung-Garut

- 24 April 2024, 14:00 WIB
Ruas Jalan Tol Cigatas akan membuat wilayah Cileunyi, Kabupaten Bandung, dengan Garut dan Tasikmalaya terjangkau dalam 30 menit.
Ruas Jalan Tol Cigatas akan membuat wilayah Cileunyi, Kabupaten Bandung, dengan Garut dan Tasikmalaya terjangkau dalam 30 menit. //Foto:Adeng Bustomi/ANTARA JABAR

PRFMNEWS – Keberadaan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) atau disebut pula Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) diyakini polisi akan jadi solusi mengurai kemacetan lalu lintas di sejumlah ruas jalan utama penghubung Bandung-Garut, Jawa Barat, terutama saat musim arus mudik dan balik Lebaran maupun masa liburan panjang.

Lama waktu tempuh perjalanan rute Bandung-Garut saat melintasi Tol Cigatas yang diyakini akan mampu menekan kemacetan di titik-titik ruas jalan tertentu ini juga akan menjadi lebih singkat. Adapun titik rawan macet antara lain Jalan Raya Bandung-Garut wilayah Kadungora, Leles, dan Tarogong, serta jalur nasional Limbangan-Malangbong.

"Jika Jalan Tol Cigatas sudah selesai, tentu ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan di jalur utama wilayah Kabupaten Garut, baik di jalur Kadungora dan Limbangan-Malangbong," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Selasa 23 April 2024.

Baca Juga: Kapan Pembangunan Tol Cigatas Masuk Tahap Konstruksi? ini Penjelasan Menteri PUPR

Aang menyampaikan penyebab kemacetan di wilayah Garut antara lain kondisi luas jalan yang tidak berubah, sedangkan volume kendaraan setiap tahunnya terus bertambah sehingga terjadi kepadatan di jalan saat momentum tertentu termasuk musim mudik Lebaran.

Selain itu adanya hambatan di jalan arteri seperti adanya aktivitas masyarakat di sepanjang jalur tepatnya di sekitar kawasan pasar, ujarnya, akan memperlambat laju kendaraan sehingga rentan terjadi kemacetan.

"Volume kendaraan bertambah setiap tahunnya, dan banyaknya aktivitas masyarakat di sepanjang jalur arteri yang dapat menghambat arus kendaraan lalu lintas, jika ada tol, tentu ini akan mengurangi volume kendaraan yang masuk ke jalur arteri," katanya.

Baca Juga: Dibangun PUPR di 2024, Tol Cigatas Punya Rute Sama atau Beda dengan Tol Getaci?

Aang menambahkan kendaraan truk besar atau sumbu tiga yang selama ini menjadi hambatan laju kendaraan akan lebih banyak menggunakan jalan tol yang lebih cepat, aman, dan lancar.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah