Melihat Lebih Dekat Taman Saqifah Bani Saidah di Madinah

- 8 Agustus 2022, 16:45 WIB
Taman Saqifah Bani Saidah
Taman Saqifah Bani Saidah /M. Arief Gunawan/PR


PRFMNEWS - Senin, 12 Rabiul Awal 11 Hijriah atau bertepatan dengan 8 Juni 632 menjadi hari yang kelam bagi umat Islam.

Pada hari itulah Rasulullah Muhammad saw wafat dalam usia 63 tahun di pangkuan sang istri Siti Aisyah, setelah beberapa waktu sebelumnya menderita sakit. Kepergian tersebut tentunya menjadi duka mendalam bagi seluruh umat Islam khususnya para sahabat yang selama ini berjuang di jalan Allah.

Selain meninggalkan kesedihan, kepergian Sang Pemimpin juga meninggalkan kekosongan kekuasan di saat itu. Tak heran, banyak pihak-pihak khawatir kepergian Rasulullah akan berdampak pada kejayaan Islam. Perlu ada sosok untuk menggantikan peran Rasulullah sebagai pemimpin yang bisa menyatukan seluruh umat dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Kloter Surabaya Sempat Diwarnai Badai Pasir Saat di Madinah

Saat itulah Islam menunjukkan sebagai agama yang menjunjung tinggi demokrasi. Setelah melalui perdebatan panjang, seluruh pihak di Madinah sepakat untuk mengangkat Abu Bakar Ash-Shidiq sebagai pemimpin umat atau khalifah. Dia pun kemudian dijuluki Khalifatur Rasul (Penerus Utusan Allah).

Peristiwa pengangkatan Abu Bakar sebagai khalifah ternyata tak bisa dilepaskan dari keberadaan tempat bersejarah bernama Saqifah Bani Sa'idah. Di sanalah semua peristiwa itu terjadi dan kini tempat tersebut banyak dikunjungi para peziarah yang datang ke Madinah.

“PR” bersama tim Media Center Haji (MCH) Madinah sempat mengunjungi tempat bersejarah itu. Lokasi Saqifah Bani Sa'idah berada sekitar 400 meter dari Masjid Nabawi, tepatnya dekat dengan pintu pagar 326. Peziarah bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Pulang ke Tanah Air, Menag Apresiasi Petugas PPIH Layani Jemaah Haji

Lokasi tersebut saat ini sudah berbentuk taman yang dikelilingi pagar besi. Dahulu, di taman tersebut berdiri saqifah alias bangunan semacam tempat pertemuan milik salah satu keluarga suku Yahudi di Madinah, Bani Sa'idah. Bangunan tu terletak di sebelah Sumur Bida'ah yang saat ini jadi sumber air taman.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x