Wukuf di Arafah Musim Haji Tahun Ini Diperkarakan Akan Berlangsung pada 8 Juli

- 15 Juni 2022, 15:45 WIB
Perkiraan Wukuf di Arafah Musim Haji Tahun Ini Akan Berlangsung pada 8 Juli.
Perkiraan Wukuf di Arafah Musim Haji Tahun Ini Akan Berlangsung pada 8 Juli. /M. Arief Gunawan / Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Puncak wukuf di Arafah pada musim haji diperkirakan akan berlangsung pada Jumat 8 Juli 2022 sehingga akan menjadi haji akbar.

"Sebenarnya haji akbar itu meningkatkan semangat untuk beribadah, karena Nabi Muhammad SAW itu haji wada' dan haji akbar hanya sekali," kata Konsultan Pembimbing Ibadah Daker Mekah, di Mekkah, Arab Saudi pada hari ini Rabu, 15 Juni 2022.

Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji dari Kementerian Agama pelaksanaan wukuf atau puncak haji di Arafah jatuh pada Jumat 8 Juli 2022.

Baca Juga: dr Zaidul Akbar Jamin Batuk, Pilek, Meriang saat Cuaca Dingin Cepat Minggat Hanya Minum 2 Resep Andalan ini

Dia menambahkan, keistimewaan haji akbar tersebut karena bertepatan dengan hari Jumat yang merupkan Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

"Yang menjadi istimewa adalah karena hari Jumat itu, tumpukannya sayyidul ayyam maka ini adakah puncak kemuliaan.Karena pemimpin satu minggu itu kan Jumat. Jadi kalauhaji pas Jumat itu berarti adalah dilipat gandakan sesuai dengan amaliah kemuliaan di hari Jumat itu," katanya.

Ia mengatakan Jumat adalah hari istimewa, Allah swt memuliakan umat Muhammad saw dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat nabi terdahulu.

Baca Juga: Dikalahkan Wakil China, The Daddies Terhenti di Babak 32 Besar Indonesia Open 2022

Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x