Cetak Sejarah! Ini Detik-detik Pesawat Airbus ‘Hi Fly’ Mendarat Pertama Kali di Keindahan Gurun Es Antartika

- 24 November 2021, 19:35 WIB
Ilustrasi  Airbus A340
Ilustrasi Airbus A340 /Pixabay.

PRFMNEWS - Maskapai penerbangan charter asal Portugal 'Hi Fly' berhasil mendaratkan pesawat Airbus A340 di gurun es Antartika untuk pertama kalinya.

Detik-detik pendaratan menakjubkan pesawat Airbus ini terekam dalam video di kanal YouTube Hy Fly Airline yang diunggah pada 22 November 2021.

Dalam video tersebut tampak rombongan yang ikut terbang terdiri atas pilot yang dipegang alih langsung oleh Vice President Hi Fly Kapten Carlos Mirpuri, co-pilot, sejumlah awak kabin dan penumpang lain.

Baca Juga: Bandung Calendar of Event 2022, Peluang Raup PAD Terbuka

Penerbangan yang berangkat pada 2 November 2021 itu juga dipimpin oleh Kapten Carlos Mirpuri.

Pesawat berbadan lebar terbang pergi pulang (PP) sejauh 2.500 mil laut (2.879 mil/4.633 km), dari Bandara Cape Town Afrika Selatan ke Antartika dan sebaliknya, dengan total waktu lebih dari sepuluh jam.

Pesawat Airbus A340 mendarat di runway (landasan pacu) Wolf’s Fang di Antartika. Landasan pacu tersebut merupakan es glasial biru (es padat bebas udara) dengan kedalaman 0,8 mil (1,4 kilometer) dan panjang 3.000 meter 9.840 kaki (3.000 meter). Sepanjang sisi landasan pacu itu diukir dengan bantuan peralatan khusus.

Sesuai laporan log, pendaratan disambut cuaca di lokasi yang cerah dan gesekan landasan pacu juga terlihat bagus.

Baca Juga: Mess Karyawan China Ambruk Sebabkan Empat Orang Meninggal Dunia

Namun, masalah khusus dialami ketika akan mendarat ke landasan pacu es glasial biru yakni adanya refleksi yang kuat, membuat pilot harus memakai kacamata khusus dan ekstra hati-hati saat mendaratkan pesawat.

“Dalam kasus khusus ini, juga tidak ada alat bantu navigasi yang tersedia di lokasi, itulah sebabnya saya sempat sulit untuk menetapkan penyesuaian yang benar untuk pendaratan, dengan landasan yang sulit dibedakan karena semua terlihat putih,” kata Kapten Mirpuri.

Pendaratan pertama pesawat berbadan lebar A340 di landasan es glasial biru di Antartika benar-benar menarik bagi Kapten, kru, dan semua orang di dalamnya, karena berjalan lebih baik dari yang diharapkan.

Pesawat Airbus ini ditugaskan sesuai misi oleh Wolf's Fang, sebuah resor petualangan mewah di benua paling selatan di dunia itu.

Baca Juga: Inmendagri PPKM Level 3: Ini 7 Instruksi Pemerintah Perihal Operasional Mall di Masa Libur Nataru

Dalam penerbangan ini mereka membawa persediaan yang sangat dibutuhkan ke resor. Wolf's Fang adalah proyek baru dari perusahaan pariwisata Antartika White Desert.

Penerbangan dan pendaratan perintis dilakukan sebagai persiapan untuk musim mendatang, ketika ‘Hy Fly’ akan membawa para ilmuwan, ditambah sejumlah kecil penumpang dan kargo, ke ‘Benua Putih’.

Setelah penerbangan perintis ini, direncanakan akan ada pesawat komersial lain yang terbang lebih sering ke ‘Benua Putih’ di musim panas mendatang.

A340 dianggap “dapat diandalkan dan nyaman,” dengan catatan keselamatan yang luar biasa dan jangkauan yang sangat jauh, itulah sebabnya dipilih untuk jalani misi ini.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x