Dorong Geliat Ekonomi di Tengah Pandemi, Pemkot Cimahi Gelar Lomba UMKM di Tingkat Kelurahan

- 20 November 2020, 18:02 WIB
 Lomba fashion yang digelar Disdagkoperin Kota Cimahi.*
Lomba fashion yang digelar Disdagkoperin Kota Cimahi.* /Dok. Disdagkoperin Kota Cimahi

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk kembali bergeliat di masa pandemi Covid-19.

Caranya dengan melakukan beberapa kegiatan di antaranya memberikan pelatihan pembuatan masker, pembuatan face shield, hand sanitizer, dan memberikan pelatihan mengenai cara penjualannya.

Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Andri Hardian mengatakan, tak hanya mengadakan pelatihan bagi pelaku UMKM, pihaknya juga memberikan pelatihan bagi warga yang berminat terjun ke sektor usaha kecil.

Hal itu dilakukan dengan cara melakukan road show ke 15 kelurahan untuk menggelar pelatihan teknis sesuai potensi yang ada di keluarahan masing-masing.

"Saat ini kita sedang road show ke kelurahan-kelurahan dengan mengadakan pelatihan teknis sesuai potensi kelurahan masing-masing. Kita juga menggelar lomba kuliner, fashion, dan kompetisi proposal pengembangan bisnis inovatif," kata Andri saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 20 November 2020.

Baca Juga: Sempat Ditawari Rumah dan Mobil oleh Si Penabrak, Ini Akhir Kasus Motor CBR1000RR vs Mobil LCGC Ayla

Baca Juga: Meski Sekolah Diizinkan Buka, Nadiem Sebut Orang Tua Berhak Larang Anaknya Datang ke Sekolah

Dengan adanya road show ke kelurahan, Andri mengatakan bahwa banyak potensi bisnis tergali semisal usaha kuliner dan fashion di kelurahan yang selama ini tidak tergali.

"Di beberapa kelurahan ada desainer lokal yang punya desain cukup bagus, kita coba mengembangkan motif batik Cimahi yang baru," katanya.

"Banyak potensi pelaku UMKM yang sejauh ini belum banyak kami bina di wilayah, ini jadi hikmah dan memang tujuan kami road show untuk menggali potensi tersebut," sambungnya.

Dikatakannya, animo masyarakat yang berpartisipasi dalam pelatihan dan pengembangan binsis UMKM ini cukup luar biasa.

Dalam lomba proposal pengembangan bisnis misalnya, cukup banyak ide-ide baru pengembangan bisnis yang inovatif.

Baca Juga: Update 20 November, Positif Corona Indonesia dalam 24 Jam Terakhir Bertambah 4.792 Kasus

Baca Juga: Tak Hanya Sekolah, Perguruan Tinggi Juga Diperbolehkan Gelar KBM Tatap Muka Mulai Januari 2021

Setelah banyak potensi ekonomi yang tergali di kewilayahan, ini menjadi pekerjaan rumah Pemkot Cimahi untuk bagaimana melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM.

"PR (pekerjaan rumah) kami setelah menggali potensi ini, ke depan harus melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM di Kota Cimahi," ungkapnya.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x