PKL Jalan Dipatiukur Bandung dan Sekitarnya Akan Dipindah ke Lokasi Baru untuk Bantu Kurangi Kemacetan

- 30 Januari 2024, 15:30 WIB
Pemkot Bandung Tata 1.508 PKL, Kini Wajah Parkir Monju Lebih Apik dan Nyaman
Pemkot Bandung Tata 1.508 PKL, Kini Wajah Parkir Monju Lebih Apik dan Nyaman /Dok. Bandung.go.id/

DAGO, PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana memindahkan lokasi berjualan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang saat ini berjualan di kawasan Jalan Dipatiukur (DU), Jalan Teuku Umar, dan Jalan Sisingaperbangsa. Hal ini dilakukan guna mengurangi potensi kemacetan yang terjadi di sepanjang kawasan ruas-ruas jalan tersebut.

Lokasi baru yang akan ditempati para PKL pindahan dari kawasan Jalan Dipatiukur, Teuku Umar, dan Sisingaperbangsa dipersiapkan Pemkot Bandung di area utara Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju).

Saat ini, Pemkot Bandung masih menunggu perizinan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk menggunakan area Monju utara sebagai tempat relokasi para PKL tersebut.

Baca Juga: Kata Warga tentang Penataan PKL yang Dilakukan Pemkot Bandung

“Jika telah mendapatkan izin, maka PKL Jalan Dipatiukur, Teuku Umar, dan Singaperbangsa rencananya akan dipindahkan ke Monju utara,” kata Kepala Koperasi dan UKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman, Minggu 29 Januari 2024.

"Sehingga tidak ada lagi hambatan untuk lalu lintas, termasuk parkirnya jangan sampai mengganggu arus. Tapi di Monju utara juga harus ditata dulu dan ditentukan pengaturan parkir dan PKL nya setelah di ACC oleh provinsi," lanjut dia.

Terkait perkembangan penataan Monju, Atet menjelaskan, pada tahap awal Pemkot Bandung telah mendata jumlah PKL beserta jenis dagangan mereka yang ada di daerah Monju dan sekitarnya, termasuk Jalan Teuku Umar, Dipatiukur, dan Singaperbangsa.

"Ternyata kegiatan PKL di sana waktunya berbeda-beda. Ada yang siang, malam, dan PKL khusus hari Minggu. Kami memantaunya tiap hari Minggu. Kami verifikasi data tersebut sekaligus penataan prioritas seperti pedagang tidak boleh berjualan sampai ke jalan raya utama yang turun dari Flyover Pasupati," papar Atet.

Baca Juga: Warga dan Wisatawan Apresiasi Keputusan Pemkot Bandung Lakukan Penataan PKL

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x