Bocoran Proyek LRT Bandung, Bey Machmudin: Rute Utara-Selatan Akan Terintegrasi Jalur KA Lokal Eksisting

- 17 Januari 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi LRT Bandung Raya.
Ilustrasi LRT Bandung Raya. /Antara/Hafidz Mubarak A

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin menyebutkan proyek kereta ringan atau LRT (Lintas Raya Terpadu) Bandung Raya direncanakan terintegrasi dengan jalur kereta api (KA) lokal atau KRD Bandung Raya yang saat ini sudah beroperasi melayani relasi Padalarang, Kabupaten Bandung Barat – Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Jalur rute LRT Bandung Raya yang ditargetkan terintegrasi KRD Lokal Bandung Raya, ujar Bey Machmudin, adalah Koridor Utara – Selatan yakni Babakan Siliwangi dekat kawasan Dago ke Leuwipanjang, Kota Bandung. Koridor ini juga diprioritaskan segera dibangun mulai tahun 2027, selain Koridor Timur – Barat (Leuwipanjang – Tegalluar) yang rencananya terintegrasi dengan Kereta Cepat Whoosh.

Nantinya, lanjut Bey, jalur KRD Lokal Bandung Raya yang terkoneksi dengan LRT Bandung Raya juga akan dielektrifikasi untuk mendukung operasional Kereta Rel Listrik (KRL) yang sejak lama juga telah diwacanakan dihadirkan di Kota Bandung sebagai pengganti operasional kereta rel diesel dengan relasi sama yakni Padalarang – Cicalengka.

Baca Juga: Deretan Penyanyi yang Bakal Tampil di Summarecon Mall Bandung, Ada Yura Yunita dan Dikta, ini Jadwalnya

“LRT Utara – Selatan Kota Bandung akan terintegrasi dengan jalur KRD eksisting yang dielektrifikasi dan untuk jalur Barat – Timur (Leuwipanjang – Tegalluar), butuh pendampingan dari tingkat pusat yang telah membangun MRT,” kata Bey, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 17 Januari 2024.

"Ini akan ada pendampingan seperti MRT, karena hampir sama masalahnya, jadi ada pelajaran yang bisa diterapkan di situ supaya lebih cepat lagi. Termasuk masalah lahan," imbuhnya.

Lebih lanjut Bey menyatakan dana pembangunan proyek LRT Bandung Raya pada tahap awal yakni jalur Utara – Selatan Kota Bandung senilai Rp10,9 triliun tidak akan menggunakan APBD Provinsi Jabar.

Baca Juga: Langkah Pemkot Cimahi untuk Atasi Banjir di Beberapa Titik

"Babakan Siliwangi ke Leuwipanjang yang awal. Yang pasti bukan APBD, ya mungkin mudah-mudahan APBN bisa," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x