Langkah Pemkot Cimahi untuk Atasi Banjir di Beberapa Titik

- 17 Januari 2024, 11:20 WIB
Drainase yang tidak optimal jadi pemicu banjir di Cimahi.
Drainase yang tidak optimal jadi pemicu banjir di Cimahi. /Pikiran Rakyat/Ririn Nur Febriani/

CIMAHI, PRFMNEWS - Saat hujan deras mengguyur, beberapa ruas jalan di Kota Cimahi digenangi banjir yang cukup tinggi. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mulai bergerak mengatasi masala ini.

Salah satu upaya mencegah banjir kembali terjadi adalah dengan melakukan pengerukan saluran air di sejumlah titik rawan banjir di kota Cimahi.

Beberapa saluran air yang menjadi titik pengerukan adalah di sekitar Jalan Jend. Amir Machmud depan Kartika Sari, Jalan Encep Kartawiria depan SGO, dan di Jalan Cipanawar Kelurahan Cipageran Kota Cimahi yang dilakukan beberapa hari lalu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menjelaskan, pengerukan ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir banjir di Cimahi.

Baca Juga: Polres Cimahi Respons Permintaan Masyarakat Soal Penjual Knalpot Brong Ditindak

"Pembersihan saluran ini dilakukan bertujuan untuk meminimalisir dampak genangan air yang melanda Kota Cimahi terutama di titik-titik rawan banjir," ujar Dicky.

Selain itu Pemkot Cimahi juga telah melakukan sejumlah upaya untuk tangani banjir di Cimahi.

Kata Dicky, penanganan banjir di Cimahi dilakukan secara struktural dan juga non struktural dan masih membutuhkan waktu.

"Penanganan secara struktural dan non struktural perlu kita lakukan meskipun penyelesaiannya masih membutuhkan waktu. Ada penanganan non struktural jangka pendek, beberapa saluran akan kami normalisasi diantaranya saluran di jalan, maupun saluran lainnya akan dilakukan normalisasi dan dibenahi," katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x