Kota Bandung Bebas Angkot di 2024, Tak Ada Lagi Sopir Kejar Setoran dan Tunggu Penuh Baru Jalan

- 17 September 2023, 21:00 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan rencana konversi Angkot jadi Mikrobus, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Minggu 17 September 2023.
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan rencana konversi Angkot jadi Mikrobus, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Minggu 17 September 2023. /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana mengonversi angkutan kota (angkot) menjadi mikrobus. Hal ini sebagai upaya menghadirkan transformasi transportasi umum di Kota Bandung yang semakin nyaman dan aman.

Program konversi angkot menjadi mikrobus ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung sebagai bagian dari perbaikan dan pembangunan infrastruktur termasuk transportasi publik.

"Jadi nanti diganti dengan public transport yang jauh lebih representatif dari kenyamanan keamanan dan sopir sudah tidak ada lagi saling kejar-kejar setoran karena dia sudah dibayar oleh operator,"kata Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Minggu 17 September 2023.

Baca Juga: Pemerintah Buat Aturan Baru Terkait Perdagangan Digital, Pelaku E-Commerce dan Konsumen Wajib Tahu

Ema Sumarna berharap transformasi angkot jadi mikrobus dapat segera terealisasi dan diusulkan hadir mulai 2024. Pemkot akan bekerja sama dengan koperasi-koperasi angkutan di Kota Bandung untuk menyelaraskan program ini.

Nantinya biaya operasional microbus, ujar Ema, akan disubsidi langsung oleh Pemkot Bandung. Sehingga operator tidak perlu lagi menunggu penumpang penuh baru jalan dan hanya perlu mematuhi headway (waktu keberangkatan) yang ditetapkan.

"Kita sudah siap dengan subsidi itu. Mudah-mudahan nanti dengan dewan ini clear. Kita nanti menyubsidi para sopir angkot. Harapannya menjadi pegawai operator. Jadi mereka tidak terancam kehilangan pekerjaan. Bahkan ada kepastian dalam sisi pendapatan," jelasnya.

Baca Juga: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Juara Victor Hong Kong Open 2023

Ema berharap dengan hadirnya fasilitas transportasi publik yang nyaman dan aman dapat menarik minat masyarakat untuk beralih dari transportasi pribadi ke angkutan umum.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x