6 Fakta Monumen Bung Karno di Bandung, Biaya Hasil Patungan hingga Jadi Patung Tertinggi di Indonesia

- 28 Juni 2023, 17:30 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil /Instagram @ridwankamil_id

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sejumlah pihak lainnya melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Monumen Plaza Bung Karno di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung, Rabu 28 Juni 2023.

Ada enam fakta terkuak di balik pembangunan Monumen Plaza Bung Karno di GOR Saparua Bandung yang akan menampilkan patung Presiden ke-1 Republik Indonesia Ir. Soekarno ini.

Fakta-fakta ini antara lain terkait total biaya, sosok yang mencetuskan ide, hingga nama pematung yang membuat Patung Soekarno ini.

Baca Juga: Idul Adha 2023, Kapolres Cimahi Bagi-bagi Beras dan Rendang

Fakta pertama, patung Bung Karno yang akan dibangun di kawasan GOR dan Taman Saparua Bandung ini diklaim akan menjadi yang tertinggi di Indonesia.

“Insyaallah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia. Ini akan menjadi ikon baru di Jawa Barat,” kata Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia Pamriadi, dikutip prfmnews.id.

Kedua, Pamriadi menerangkan biaya pembangunan monumen Bung Karno ini dilakukan secara gotong royong alias patungan, tanpa menggunakan uang negara atau daerah.

Baca Juga: Ada 1.962 Titik Sholat Idul Adha di Kota Bandung Kamis 29 Juni 2023

“Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter ini, Insyaallah tidak dibiayai APBN dan APBD, tetapi mendapatkan donatur-donatur yang sangat cinta Bung Karno, terhadap perjuangan Bung Karno,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah