Menhub Cek Pengerjaan Fasilitas Pendukung KA Feeder di Ciroyom dan Cimahi Jelang Pengoperasian Kereta Cepat

- 18 Juni 2023, 07:39 WIB
Proyek pembangunan flyover Ciroyom Kota Bandung.
Proyek pembangunan flyover Ciroyom Kota Bandung. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

 

 PRFMNEWS – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek progres pengerjaan fasilitas pendukung operasional Kereta Api Pengumpan (KA Feeder) di wilayah Ciroyom, Kota Bandung dan Kota Cimahi pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Pengecekan fasilitas pendukung perjalanan KA Feeder ini dilakukan Menhub jelang peluncuran Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang ditargetkan pada pertengahan Agustus 2023.

Fasilitas pendukung perjalanan KA Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dicek Menhub yakni, proyek pembangunan flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Ciroyom dan Cimahi.

Baca Juga: 72 KA Feeder Disiapkan untuk Antar Penumpang Kereta Cepat Menuju Stasiun Bandung dan Padalarang

"Melalui sejumlah pembangunan fasilitas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kelancaran perjalanan KA Feeder KCJB, serta mengurangi kemacetan lalu lintas jalan raya," kata Menhub Budi dalam keterangan resminya, Sabtu 17 Juni 2023.

Menteri Budi menjelaskan, pembangunan flyover dan JPO yang berada di Stasiun Ciroyom dan di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom), Kota Cimahi itu merupakan bagian dari program penanganan perlintasan sebidang yang dilakukan oleh Kemenhub melalui BTP Kelas I Bandung DJKA.

“Pembangunan (flyover dan JPO tersebut) dilakukan untuk menghilangkan sejumlah perlintasan sebidang yang ada di jalur kereta api feeder KCJB (Padalarang-Bandung) sepanjang 14,66 kilometer,” ujar Budi.

Baca Juga: Ternyata Stasiun Kereta Cepat di Padalarang Punya Desain Atap Unik Lengkap dengan Skybridge

Lebih lanjut Budi menyampaikan bahwa pendanaan pembangunan flyover dan JPO Ciroyom bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara/SBSN dengan kontrak tahun jamak 2022-2023 yang pengerjaannya ditargetkan selesai pada akhir 2023.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah