Pembentukan Satgas Keamanan Wilayah Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Bandung Barat

- 10 Februari 2023, 19:46 WIB
Pembentukan Satgas Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 8 Februari 2023.
Pembentukan Satgas Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 8 Februari 2023. /

PRFMNEWS - Camat Lembang Kabupaten Bandung Barat dan TP PKK Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat bekerjasama dengan SeRVE Indonesia mempromosikan Pendidikan Damai dalam menciptakan lingkungan nyaman, damai dan sejahtera.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal Rabu, 8 Februari 2023 di Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat ini turut dihadiri oleh Kepala Kepolisian Sektor Lembang, Komandan Rayon Militer Lembang, Dinas Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan berbagai multi pihak yang ada di tingkat Kecamatan Bandung arat untuk membentuk ketahanan masyarakat melalui pembentukan satuan tugas (Satgas) keamanan desa/wilayah dalam rangka pencegahan radikalisme dan terorisme.

Camat Lembang Dudi Supriadi menyampaikan bahwa pertemuan multi ini pihak sangat penting untuk memperkuat ketahanan masyarakat dari paparan dan bahaya radikalisme, terorisme dan kekerasan ekstrimisme.

Baca Juga: Angin Kencang Landa Bandung Sepekan Terakhir dan Diprediksi Berlanjut, BMKG Ungkap Penyebabnya

"Dari pertemuan multi pihak ini, direncanakan akan dibentuk satgas khusus yang akan membantu pemerintah daerah untuk berembuk dan merekomendasikan kegiatan yang harus dilakukan bersama di tingkat desa dan kecamatan Lembang dalam upaya membangun lingkungan yang aman, nyaman, damai dan sejahtera,” papar Camat Lembang.

Program Manager SeRVE Indonesia Dewirini Anggraeni menjelaskan, pertemuan multi pihak ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan Training of Trainers (ToT) yang dilakukan pada 26 - 28 Oktober 2022 yang diikuti oleh sekitar 30 kader PKK dari area CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) dan Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi).

"Kegiatan ini bertujuan untuk memeprkuat kader PKK dalam isu pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan ekstrimisme karena PKK adalah organisasi yang memiliki program dan kader di tingkat dasawisma (keluarga) yang sangat efektif untuk melakukan pencegahan dan pendampingan terhadap warganya yang terpapar. Diharapkan mereka dapat menjadi garda terdepan dalam membangun wilayah yang damai, aman dan nyaman, khususnya di Desa Lembang, Kecamatan Lembang.

Baca Juga: Mendag Terbitkan Aturan Baru Beli dan Jual Minyakita di Pasar, Salah satunya Tidak Perlu Pakai KTP

Setelah kegiatan Pertemuan Multi Pihak, kegiatan dilanjutkan keesokan harinya dengan kegiatan pelatihan singkat para kader PKK dari Desa Lembang dan Kecamatan Lembang, Kabupatan Bandung Barat, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x