Angka Pelajar Nikah Dini di Bandung Akibat Hamil Duluan Tinggi, Yana Mulyana Ambil Langkah Pencegahan ini

- 20 Januari 2023, 15:20 WIB
Walikota Bandung Yana Mulyana tanggapi tingginya angka pelajar yang melakukan pernikahan dini karena hamil duluan.
Walikota Bandung Yana Mulyana tanggapi tingginya angka pelajar yang melakukan pernikahan dini karena hamil duluan. /Humas Pemkot Bandung/Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Prihatin akan maraknya fenomena pelajar ajukan dispensasi nikah yang didominasi akibat hamil di luar perkawinan membuat Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengambil langkah pencegahan.

Yana Mulyana tidak ingin fenomena anak usia pelajar atau masih di bawah umur melakukan pernikahan dini akibat hamil di luar perkawinan ini terus meningkat di Kota Bandung.

Langkah pencegahan anak usia pelajar nikah dini akibat hamil duluan yang diupayakan Yana Mulyana salah satunya akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung.

Baca Juga: Polda NTB Selidiki Akun TikTok yang Diduga Lakukan Eksploitasi Lansia untuk Mengemis Online

Yana Mulyana meminta Disdik sebagai bagian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung lebih gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pernikahan dini dan seks di luar nikah.

“Saya belum dapat informasi angka pastinya. Sebaiknya itu ditanyakan ke Kementerian Agama. Kalaupun iya, kami cukup prihatin juga. Kami berharap Dinas Pendidikan bisa terus mengedukasi siswa siswi untuk jangan melakukan pernikahan dini,” ujar Yana.

Lebih lanjut Yana juga meminta kepada Disdik untuk melakukan sosialisasi serupa kepada para orang tua agar bisa turut membimbing anak-anak mereka.

Baca Juga: Bahas Permasalahan Sampah di Kota Bandung Bersama DLH, DPRD Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

“Bahwa itu (nikah dini akibat seks bebas) di luar norma, etika, termasuk nilai-nilai agama. Itu harus disosialisasikan terus,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x