Jalan Mulai Rusak, DPU Kota Bandung Klaim Anggaran Hanya Rp50 miliar

- 25 November 2021, 16:44 WIB
Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi
Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi /Tommy Riyadi/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung mengakui, pemantapan jalan di kota Bandung tidak bisa dilakukan optimal. Tidak heran jika saat ini sejumlah ruas jalan hanya dilakukan penambalan pada bagian yang berlubang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengungkapkan, dalam tiga tahun terakhir alokasi pemantapan jalan hanya di kisaran Rp50-an miliar. Padahal, lanjut Didi, angka ideal yang dibutuhkan untuk pemeliharaan mencapai Rp380 miliar.

"Survei semester pertama kemarin pemantapan jalan di 91,87 persen. Memang masih di bawah target di 93 persen," kata Didi di Balai Kota Bandung, Kamis 25 November 2021.

Baca Juga: Realisasi Program Dana Desa di Kabupaten Bandung Tahun Ini, Terbaru Sudah Capai 78,67 Persen

Didi mengungkapkan, dari survei pertengahan semester lalu juga didapati 90 persenan lebih lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) masih menyala. 

Meski begitu, masalah genangan air saat musim penghujan, di klaim Didi, mengalami banyak perkembangan positif jika dikomparasi pada tahun 2019 lalu.

Hal itu terlihat dari jumlah genangan yang terpantau saat ini hanya terdapat di 25 lokasi itupun yang masih rutin muncul di 6-11 titik saja. 

"Titik genangan tertangani 67 persen, ini melebihi target. Drainase sekitar 60 persen dalam kondisi baik karena kita terus melakukan pengerukan. Ditambah lagi kita terus upayakan membuat kolam retensi. Sekarang sudah ada 8 kolam retensi," bebernya.

Baca Juga: Begini Tips Mahasiswa Tetap Bisa Usaha Meski Sibuk Kuliah Kata Akademisi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbang Kota Bandung, M. Yudi Mulyana menyebutkan, ada delapan isu prioritas yang meliputi layanan dasar terkait kesehatan, kemudian sektor pendidikan.

"Layanan dasar ini semuanya lebih dari standar minimal yaitu untuk pendidikan 20 persen dan pendidikan 10 persen (dari APBD)," ucap Yudi

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x