DPRD Minta Dishub Gencarkan Penggunaan Transportasi Umum Biar Kemacetan di Kota Bandung Hilang

- 6 Mei 2021, 13:31 WIB
Kemacetan yang terjadi di Jalan Asia Afrika Kota Bandung pada 22 Oktober 2020 silam.
Kemacetan yang terjadi di Jalan Asia Afrika Kota Bandung pada 22 Oktober 2020 silam. /prfmnews.id

PRFMNEWS  - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mengaku menantikan terobosan Dinas Perhubungan (Dishub) guna menekan angka kemacetan di Bandung

Ketua Pansus 2 DPRD Kota Bandung, Iman Lestariyono menyampaikan meski pemerintah telah membangun flyover, ia menyebut itu bukan satu-satunya jalan keluar.

Menurutnya, tugas Dishub adalah menciptakan kenyamanan dan kepercayaan publik pada angkutan umum. Tanpa memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke moda transportasi umum, Bandung akan kesulitan memecahkan persoalan kemacetan.

"Tentu adanya flyover ini bukan menjadi satu-satunya solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan di Kota Bandung, tapi persoalan sesungguhnya adalah tidak sebandingnya lebar jalan dengan jumlah kendaraan. Bahkan, jumlah kendaraan pribadi lebih mendominasi dibandingkan dengan angkutan publik," ucapnya kata dia dalam siaran pers, Rabu 5 Mei 2021.

Baca Juga: Kendaraan Luar Bandung Raya yang Melintas GT Baros Tak Dilengkapi Dokumen Perjalanan akan Diminta Putar Balik

Oleh karena itu, kata Iman, Dishub harus mampu merangsang masyarakat untuk dapat beralih menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

"Kami memahami bahwa hal tersebut bukan PR yang sederhana, tapi dengan adanya revisi RPJMD ini, eksekutif, khususnya dinas terkait, masih memiliki kecukupan waktu untuk merumuskan kembali, dirasionalisasi kembali dengan anggaran yang tentunya tidak lagi normal, sehingga Dishub harus menerapkan skala prioritas untuk dapat mewujudkan target-target dalam memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat," ujar Iman.

Baca Juga: Laga MU vs Liverpool yang Tertunda Dijadwalkan Ulang pada Jumat 14 Mei 2021

Hal senada disampaikan anggota DPRD Kota Bandung dari fraksi Partai Demokrat Yusuf Supardi. Dishub harus memberikan kontribusi terkait terwujudnya visi Kota Bandung, yaitu Bandung Nyaman, salah satunya dengan membuat program-program unggulan dalam hal penanganan persolaan kenyamanan dalam berlalu-lintas.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: DPRD kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x