Jalan Panjang Ibu-ibu Ojek Makanan Balita untuk Tangani Masalah Gizi di Tengah Pandemi

- 31 Maret 2021, 14:00 WIB
Ibu-ibu anggota Omaba menyiapkan paket makanan sehat untuk balita kurang gizi
Ibu-ibu anggota Omaba menyiapkan paket makanan sehat untuk balita kurang gizi /instagram @dapuromaba


PRFMNEWS - Permasalahan nutrisi atau gizi pada balita harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, hasil riset Studi Status Gizi Balita di Indonesia Kementerian Kesehatan pada 2019, menunjukkan 27,6 persen dari 5 juta bayi yang lahir di Indonesia setiap tahunnya dalam kondisi stunting.

Tak terkecuali di Kota Bandung, permasalahan gizi pada balita di Kota Bandung jumlahnya meningkat. Pada tahun 2020 tercatat ada 1.218 balita gizi buruk dan 4.490 lainnya mengalami kekurangan gizi.

Padahal sebelumnya pada 2019, permasalahan gizi di Kota Bandung berada di angka 3,22 persen atau sebanyak 678 balita dengan gizi buruk dan 3.321 lainnya mengalami kekurangan gizi.

Baca Juga: Omaba Bawa Kota Bandung Duduki 15 Besar Guangzhou International Award

Untuk itu, Kota Bandung punya inovasi Ojek Makanan Balita (Omaba) yang terbentuk sejak 2013. Omaba memiliki misi menyediakan makanan sehat bagi balita kemudian diantar ke rumah-rumah balita penyandang masalah gizi dari keluarga kurang mampu.

Penggagas Omaba, dr Sonny Sundari M.Kes yang juga dokter di Puskesmas Riung Bandung menuturkan, pada awalnya Omaba terdiri dari 6 orang pelaksana dan semuanya adalah wanita. Kemudian berkembang menjadi 10 pelaksana hingga saat ini.

Omaba ingin menangani masalah kekurangan gizi pada balita warga kurang mampu lewat paket makanan sehat yang diberikan setiap hari selama tiga bulan. Sasarannya pada saat ini yaitu sekitar 11 balita di Kecamatan Gedebage.

Baca Juga: Hubungan Gizi dengan Kualitas Sumber Daya Manusia

"Protap Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pemulihan untuk penanggulangan gizi buruk itu sudah ada dari dulu, hanya kurang bisa berjalan, jadi Omaba itu adalah suatu inovasi strategi agar penanggulangan gizi buruk sesuai protap dan tepat sasaran," ungkap Sonny saat kepada prfmnews.id, Selasa 30 Maret 2021.

Dapur Omaba berada di Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Setiap harinya ibu-ibu Omaba memasak makanan sehat kemudian mengantarkannya menggunakan motor operasional ke tiap sasaran Omaba.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x