Ternyata di Dekat Gedung Sate Bandung Ada ‘Kolam Asap’ untuk Cegah Banjir, Sudah Tahu?

- 8 Februari 2023, 07:40 WIB
Kolam berasap di area Taman Kandaga Puspa, dekat dengan Gedung Sate Kota Bandung
Kolam berasap di area Taman Kandaga Puspa, dekat dengan Gedung Sate Kota Bandung /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS – Bagi Anda yang pernah mengunjungi Taman Lansia dan Taman Kandaga Puspa Kota Bandung mungkin sudah tak asing dengan keberadaan kolam retensi di dalam kawasan tersebut.

Salah satu kolam retensi di taman kota yang terletak di Jalan Citarum atau berdekatan dengan Gedung Sate Bandung ini dinamakan ‘kolam asap’.

Kolam asap ini berada di Taman Kandaga Puspa tak jauh dari Gedung Sate dan memiliki volume 6593,28 meter kubik, serta luas genangan 4120,8 meter persegi dengan kedalaman 2 meter.

Baca Juga: Kapolda Jabar Ingatkan Personel yang Bertugas di Operasi Keselamatan Lodaya 2023 Hanya Bisa Tilang dengan ETLE

Kolam retensi ini dinamakan kolam asap karena tidak ada apa-apanya dan berfungsi hanya untuk membendung air genangan hujan yang disalurkan dari kolam retensi di Taman Lansia.

"Kalau yang di Taman Kandaga Puspa tidak ada apa-apanya. Hanya mengandalkan bendungan saja, kolam asap itu namanya," kata Kepala Pengawas Kolam Retensi Taman Lansia, Muji.

Muji menambahkan, keberadaan kolam asap di Taman Kandaga Puspa saling berhubungan dan saling mendukung peran satu sama lain dengan kolam retensi yang ada di Taman Lansia.

Letaknya yang juga berdekatan dengan Taman Kandaga Puspa, kolam retensi di Taman Lansia sudah dibangun sejak tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Tegas! Jokowi Pastikan Pemerintah Tetap Berkomitmen Berantas Korupsi

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x