Saung Angklung Udjo Diterpa Isu Bangkrut, Pengelolanya Beberkan Kondisi Saat Ini

- 23 Januari 2021, 09:21 WIB
Ilustrasi pertunjukan angklung yang digelar Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat./Instagram.com/@angklungudjo
Ilustrasi pertunjukan angklung yang digelar Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat./Instagram.com/@angklungudjo /

PRFMNEWS – Salah satu sentra kesenian di Kota Bandung, yakni Saung Angklung Ujdo diterpa isu kebangkrutan akibat pandemi Covid-19. Bahkan kini diketahui jumlah karyawannya telah berkurang banyak.

Sejak berdiri pada tahun 1967, Saung Angklung Udjo sendiri selalu jadi pilihan wisatawan maupun lembaga pendidikan untuk menimba ilmu seputar kesenian sunda khususnya angklung.

Namun, selama 10 bulan pandemi virus corona di Indonesia, nyatanya kunjungan wisatawan maupun lembaga pendidikan berkurang hingga 80 persen. Semula tempat wisata ini dikunjungi tidak kurang dari 500-700 orang per harinya, tapi sekarang menyusut hingga 20 orang per harinya.

Baca Juga: Komisi III DPR RI Minta Listyo Sigit Ubah Mindset Polantas Jika Terapkan Tilang Elektronik

Baca Juga: Waduh! Klaster Baru di Kabupaten Garut Muncul dari Satu Pesantren di Bungbulang

“Rata-rata sehari itu 2-3 kali, dan tidak kurang dari 500-700 orang per hari. Sekarang hari Minggu aja hanya 20 orang rata-rata. Sehari, mungkin 4 orang, kadang-kadang kosong juga,” kata Pengasuh Saung Angklung Udjo, Sam Udjo saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 23 Januari 2021.

Kunjungan yang loyo itu pun berimbas pada perampingan karyawan. “Mungkin sekarang sepertiganya karyawan dari yang dulu, dulu kerja 60-an orang terus pemain (angklung-red) itu ratusan banyak, sekarang ya karena tidak ada kegiatan apa-apa ya berarti ‘istirahat’ aja. Sekarang tinggal sedikit sekali, jumlahnya sangat turun,” tuturnya.

Kendati demikian, Sam Udjo mengaku bakal terus mengusahakan warisan ayahnya ini untuk tetap hidup dan tetap mengedukasi masyarakat tentang musik Sunda.

Baca Juga: Motor Potong Jalan, Truk Pengangkut Batu Kali Terguling di Sekitaran Terminal Cicaheum

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x