Tahura Djuanda Punya Program 'Adopsi Pohon', Ajak Masyarakat Tanam dan Pelihara Pohon Gratis

- 15 Januari 2021, 10:21 WIB
 Kolam Pakar yang berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Bandung.*
Kolam Pakar yang berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Bandung.* /Dok Tahura Djuanda


PRFMNEWS - Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda mengajak masyarakat ikut menanam dan memelihara pohon melalui program Adopsi Pohon.

Kepala Tahura Djuanda, Lianda Lubis mengatakan, masyarakat kini bisa membawa bibit pohon untuk ditanam dan dipelihara di Tahura Djuanda. Jenis pohonnya bebas, bisa tanaman eksotis yang menjadi koleksi Tahura atau juga tanaman untuk pembentukan hutan hujan tropis.

"Kami ingin ajak masyarakat adopsi pohon atau wali pohon di Tahura Djuanda agar rasa memiliki Tahuranya semakin kental," ujar Lianda saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Jumat 15 Januari 2021.

Baca Juga: Tahun 2021, Tahura Juanda Ajak Pengunjung Menguak Sisi Non-Fisik Gua Belanda dan Gua Jepang

Baca Juga: Kolam Pakar Timbulkan Bau Tak Sedap, Ini Penjelasan Tahura Juanda

Menurut Lianda, pihaknya nanti akan ikut merawat tanaman tersebut. Masyarakat dipersilakan jika ingin membantu dana perawatan, tapi jika tidak juga tidak masalah.

Setiap pohon yang ditanam akan dilabeli papan nama pemilik pohon tersebut. Sehingga bisa melihat perkembangannya saat berkunjung ke Tahura.

"Adopsi ini bukan cuma nanam saja, tapi mereka ikut memelihara, kalau mau ngasih dana pemelihara, kalau tidak kasih juga tidak apa-apa, itu nanti kami akan laporkan setiap saat digunakan untuk apa," paparnya.

Bagaimana caranya?
Lianda menjelaskan, masyarakat bisa membawa tanaman atau pohon estetik dari negara-negara lain yang nanti akan ditempatkan di blok koleksi tanaman.

Namun jika tidak punya, maka masyarakat nanti bisa memilih tanaman dari Tahura Djuanda yang disesuaikan untuk pembentukan hutan hujan tropis di Tahura.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x