Indonesia Mulai Berangkatkan Jemaah Umrah, Kemenkes Minta Jemaah Patuhi Protokol Kesehatan

- 4 November 2020, 08:26 WIB
Suasana di Masjidilharam, Arab Saudi.*
Suasana di Masjidilharam, Arab Saudi.* /dok.PRFM

PRFMNEWS - Arab Saudi akhirnya mulai membuka pintu untuk jemaah umrah asal Indonesia. Sejak 1 November kemarin, ratusan jemaah umrah asal Indonesia sudah berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah.

Karena saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, maka dari itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan jemaah umrah asal Indonesia untuk senantiasa memerhatikan protokol kesehatan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusup Singka, mengimbau para jemaah umrah Indonesia baik yang sudah berangkat maupun yang berencana untuk menjalankan ibadah umrah agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan mereka.

Baca Juga: Kabar Gembira! Penerima Bansos Jabar Tahap 3 Bisa Mendapatkan Laptop dan Handphone, Begini Caranya

“Jemaah agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada, selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Eka dikutip dari laman resmi sehatnegeriku Kemenkes.

Meskipun pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah jemaah yang dapat beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, namun melihat prosesi peribadatan umrah yang tidak hanya melaksanakan tawaf dan sai tetapi juga ada agenda wisata religi ke sejumlah tempat bersejarah. Oleh karenanya tidak menutup kemungkinan terjadinya kerumunan massa yang berpotensi menimbulkan risiko penularan covid-19 antar jemaah lintas negara. Eka pun memberikan perhatian terhadap situasi tersebut.

Baca Juga: Hasil Liga Champions : Liverpool & Bayern Munchen Pesta Gol, Real Madrid Menang Tipis

“Hindari melakukan kegiatan yang tidak perlu. Sebisa mungkin hindari kerumunan orang dan jangan mengunjungi peternakan unta,” tegasnya.

Tak lupa Eka meminta agar jemaah umrah asal Indonesia untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dengan makanan bergizi maka tubuh akan lebih fit sehingga imunitas dapat terjaga dan terhindar dari penularan penyakit, tidak hanya covid-19, tetapi juga MERS-COV yang pernah merebak di kawasan timur tengah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x