Satgas : Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Covid-19

- 2 Oktober 2020, 17:14 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Mattthewafflecat/.*/Pixabay

PRFMNEWS – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan masyarakat merupakan elemen terpenting dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19).

Seperti yang digetaskan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harmadi, masyarakat merupakan ujung tombak penanganan Covid-19. Hal tersebut mengingat jumlah tenaga medis yang terbatas jika terjadi peningkatan kasus Covid-19.

"Kita mengatasi Covid-19 harus dari hulu menempatkan masyarakat sebagai ujung tombak penanganan Covid-19. Jumlah dokter dan tenaga kesehatan kita sangat terbatas," ujarnya seperti dikutip prmfnews dari ANTARA, Jumat 2 Oktober 2020.

Baca Juga: Gedung SLRT Kabupaten Bandung Terbakar, Bagian Atap Nyaris Ludes

Jika jumlah pasien terkonfirmasi positif meningkat drastis, kata Sonny, dengan kapasitas pelayanan kesehatan yang terbatas maka muncul potensi masalah.

Sonny mencontohkan,  negara dengan sumber daya kesehatan yang besar seperti Amerika Serikat juga terkendala dalam penanganan Covid-19.

Karena itum untuk mencegah dokter dan tenaga medis kelelahan, Sonny mendorong perubahan perilaku di masyarakat agar bisa mencegah penularan Covid-19 mulai dari hulu.

Sonny menyebut bahwa saat ini Indonesia dan dunia sedang menghadapi "perang" dengan Covid-19 dan membutuhkan filosofi untuk melawan penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.

Baca Juga: Sembilan Hotel di Jawa Barat Batal Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah