Jadwal Tukar Uang Baru di 4.264 Lokasi, BI: Ada 3 Poin Peningkatan Program SERAMBI 2024

- 18 Maret 2024, 20:30 WIB
Bank Indonesia Sediakan Rp197 Triliun Kebutuhan Penukaran Uang Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024.
Bank Indonesia Sediakan Rp197 Triliun Kebutuhan Penukaran Uang Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024. /BI

PRFMNEWS – Bank Indonesia (BI) telah menetapkan periode jadwal penukaran uang baru berbagai pecahan rupiah pada momen Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi yang dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 bertema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono saat meluncurkan program SERAMBI 2024 di Jakarta pada Jumat, 15 Maret 2024 mengatakan, periode jadwal penukaran uang baru berbagai pecahan rupiah sudah bisa dilakukan masyarakat mulai dari tanggal 15 Maret sampai dengan 7 April 2024.

Tersedia 4.264 titik lokasi penukaran uang baru di kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia. Doni menambahkan, BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui Layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern, serta Kas Keliling Susur Sungai di beberapa wilayah.

Baca Juga: Ketentuan dan Cara Penukaran Uang Baru di Layanan Kas Keliling BI

“Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada 28 s.d. 31 Maret 2024 di Istora Senayan. Di daerah, hal serupa akan diselenggarakan antara lain di stadion dan alun-alun kota,” kata Doni dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, mulai tanggal 2 hingga 5 April 2024, Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran uang baru di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

“Untuk layanan penukaran uang rupiah baik melalui kas keliling (kecuali Kas Keliling Susur Sungai), layanan penukaran terpadu, dan BI peduli mudik, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) : https://pintar.bi.go.id,” ungkap Doni.

Doni lanjut menyampaikan, BI senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya. Pada tahun ini, BI melakukan penguatan program SERAMBI 2024 dengan menghadirkan tiga poin perbedaan pelayanan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Dibatasi Rp 4 Juta Per Orang! Ini Jadwal dan Tata Cara Penukaran Uang Baru di BI untuk Lebaran, ini Lokasinya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x