Sidang Isbat Awal Puasa Ramadhan 2024 Jam Berapa? Ini Link Live Streaming Simak Putusan Kemenag

- 10 Maret 2024, 14:30 WIB
Link live streaming Sidang Isbat hari ini.
Link live streaming Sidang Isbat hari ini. /PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS – Jadwal sidang isbat penetapan tanggal 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi sebagai panduan hari pertama puasa oleh umat Islam di Indonesia akan digelar hari ini, Minggu 10 Maret 2024 oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Simak link live streaming dan jam nonton sidang isbat Kemenag untuk menyimak pengumuman Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terkait hasil keputusan awal puasa Ramadhan 1445 H yang akan disiarkan langsung pada Minggu malam hari ini.

Kemenag telah menetapkan waktu dan lokasi sidang isbat penetapan tanggal awal Ramadhan 1445 H yakni akan digelar pada Minggu 10 Maret 2024 di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan M.H. Thamrin No. 6, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Besok Wargi Bandung Bisa Beli Beras Murah dan Bahan Pokok Lain di Lokasi ini, Acara Mulai Jam 7 Pagi

Tahapan sidang isbat awal puasa Ramadhan 2024 yang digelar secara hybrid atau online dan offline ini akan dibagi menjadi 3 (tiga) sesi. Pertama, pemaparan hasil pemantauan hilal awal Ramadhan 2024 berdasar data hisab (hitungan astronomi).

“Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib, dalam keterangan tertulis di laman resmi Kemenag.

Kedua, sidang digelar tertutup untuk menentukan awal Ramadan berdasarkan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari Tim Kemenag di 134 titik penjuru Indonesia. Tahap ini dilakukan usai salat Maghrib sekira pukul 18.15 WIB.

Baca Juga: Lowongan Kerja RS Unpad Maret 2024 Ada 26 Posisi, Berikut Link Pendaftaran dan Syaratnya

Terakhir, Kemenag mengumumkan hasil sidang isbat pukul 19.05 WIB. Konferensi pers pengumuman ini juga bisa disaksikan di media sosial resmi Kemenag, di antaranya Instagram @kemenag_ri, Twitter/X @Kemenag_RI, dan Facebook Kementerian Agama RI.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x