Pembangunan IKN Sudah Mencapai 74 Persen, PUPR Optimis Bisa Selesai Tepat Waktu

- 1 Maret 2024, 16:00 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan topping off atau seremoni penyelesaian akhir atap bangunan hunian aparatur sipil negara (ASN) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat, 1 Maret 2024.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan topping off atau seremoni penyelesaian akhir atap bangunan hunian aparatur sipil negara (ASN) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat, 1 Maret 2024. /Dok. Kementerian PANRB/

PRFMNEWS - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Nusantara terus dilakukan dengan target agar bisa digunakan pada upacara peringatan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan IKN di Kalimantan Timur pada hari ini Jumat, 1 Maret 2024.

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi melihat secara langsung pembangunan infrastruktur yang kini telah mencapai 74 persen tersebut.

Dalam penjelasannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, update pembangunan IKN pada sisi pembangunan struktur bangunan utama telah selesai.

Kini, pembangunan IKN tengah berfokus pada pemasangan baja serta bilah-bilah sayap Garuda yang menjadi bagian penting dari konstruksi.

Baca Juga: Update Pembangunan IKN: Istana Negara dan Hotel Nusantara Bisa Digunakan Mulai 17 Agustus 2024

“Saat ini bilah-bilah ini sudah terpasang 1.282 dari 4.650, jadi kira-kira sepertiganya. Dan kami harapkan nanti untuk sayap burung Garuda ini bisa selesai di akhir Maret ini,” ujar Diana.

Selain itu, Diana menekankan pentingnya pembangunan Kantor Presiden yang ramah lingkungan dan cerdas, di samping pembangunan interiornya. Diana berharap, Kantor Presiden di IKN bisa selesai dan fungsional pada Juni untuk digunakan dalam Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI.

Kendati menghadapi beberapa kendala, terutama terkait logistik dan pemasangan baja dan bilah, Diana tetap optimistis bahwa pembangunan akan selesai tepat waktu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x