Segera Daftar, Unpad Buka Kuota 2.346 Kursi untuk Seleksi SNBP 2024

- 17 Februari 2024, 13:00 WIB
Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Padjadjaran (Unpad) /Dok Unpad

PRFMNEWS - Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) mulai Rabu, 14 Februari 2024. Pendaftar bisa mengakses SNBP tersebut di portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Tahun ini Unpad akan menerima 2.346 calon mahasiswa baru lewat jalur SNBP untuk prodi Sarjana reguler dan Sarjana Terapan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, pada tahun ini, ada peningkatan sebesar 12,52 persen untuk jumlah kuota penerimaan mahasiswa pada SNBP.

Baca Juga: 7 Poin Pernyataan Sikap Unpad: Selamatkan Negara Hukum yang Demokratis, Beretika dan Bermartabat

Hal ini didasarkan untuk mengakomodasi calon-calon mahasiswa baru yang masuk dalam kriteria program keberpihakan Unpad.

“Kami memang tambah karena kami akan memberikan perhatian-perhatian khusus pada kalangan calon mahasiswa yang selama ini kurang mendapat perhatian di Unpad. Sebagai contoh difabel atau dari golongan masyarakat yang belum memiliki anggota keluarga yang pernah kuliah,” jelas Prof. Arief, mengutip dari laman resmi Unpad.

Pada SNPMB 2024, Unpad menyiapkan 7,460 kuota, dengan porsi SNBP sebesar 32,64 persen. Adapun persentase untuk jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) sebesar 32,52 persen, sedangkan jalur mandiri 34,82 persen.

Baca Juga: Syarat Daftar Mahasiswa Baru Pascasarjana Gelombang 2 di Unpad, Dibuka SMUP Jalur Umum dan Khusus

"Sebetulnya rata-rata berimbang antara SNBP, SNBT, dan Mandiri. Ini juga sekaligus menjawab persepsi masyarakat bahwa Unpad ini mendahulukan Mandiri,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x