Arab Saudi Buka Pintu untuk Jemaah Umrah, Kemenag Tunggu Izin untuk Memberangkatkan Jemaah

- 23 September 2020, 11:06 WIB
Suasana di Masjidilharam, Arab Saudi.*
Suasana di Masjidilharam, Arab Saudi.* /dok.PRFM

PRFMNEWS - Otoritas Arab Saudi akhirnya mengumumkan akan kembali membuka pintu untuk jemaah umrah. Dalam keterangannya, pihak Arab Saudi menyebutkan jika pihaknya akan kembali menyelenggarakan ibadah umrah secara bertahap.

Di tahap awal, izin umrah diberikan secara terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi seperti pada saat pelaksanaan haji kemarin. Selanjutnya, Arab Saudi juga sedang mempertimbangkan untuk membuka umrah bagi muslim dari luar negaranya, khususnya bagi negara yang sudah mendapat izin memberangkatkan jemaah.

“Saudi dalam pengumumannya menyebut akan merilis daftar negara mana saja yang akan mendapatkan izin memberangkatkan jemaah umrah. Jadi kami masih menunggu rilis dari Kemenkes Saudi. Kami berharap Indonesia termasuk yang mendapat izin memberangkatkan,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar, di Jakarta, Rabu 23 September 2020.

Baca Juga: Aparat Kewilayahan Arcamanik Gencar Sosialisasikan Protokol Kesehatan Kepada Warga

Dikutip prfmnews.id dari laman resmi Kementerian Agama, Nizar mengaku pihaknya selama ini terus melakukan koordinasi, baik dengan Konsul Haji KJRI Jeddah, maskapai penerbangan maupun Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terkait persiapan jika penyelenggaraan ibadah umrah kembali dibuka.

Koordinasi antara lain membahas terkait prioritas pemberangkatan jemaah umrah yang tertunda sejak 27 Februari 2020, serta penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami sudah minta ke Konsul Haji KJRI untuk ikut memantau kemungkinan Indonesia mendapat izin memberangkatkan jemaah umrah,” tuturnya.

Baca Juga: Indonesia Dekati Jurang Resesi, Pengamat Ekonomi Unpad Beberkan Dampaknya

“Koordinasi dengan PPIU dan maskapai terus dilakukan. Kita minta jemaah umrah yang tertunda menjadi prioritas untuk diberangkatkan. Kita juga membahas penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan umrah di masa Covid-19 bersama dengan Kemenkes,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x