BLT Rp600 Ribu Tahap 3 Sudah Cair, Kemnaker Kebut Pencairan Tahap 4

- 17 September 2020, 19:59 WIB
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Foto: Dok Depnaker
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Foto: Dok Depnaker /

PRFMNEWS – Program bantuan langsung tunai (BLT) Rp600.000 per bulan atau subsidi upah bagi pekerja yang gajinya di bawah Rp5 juta sudah memasuki pencairan tahap 3.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan penyaluran subsidi upah tahap 3 telah dicairkan bagi 3,5 juta orang pekerja/buruh.

Sementara itu, Ida mengungkapkan bahwa pihaknya juga saat ini telah menerima 2,8 juta data calon penerima subsidi upah tahap 4 dari BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan pemeriksaan ulang data tersebut.

 



"Kemarin kami menerima data baru dari BPJS Ketenagakerjaan untuk 2,8 juta calon penerima, mudah-mudahan proses batch IV ini sesuai juklaknya mulai hari ini kita akan melakukan 'check list'," kata Ida saat menemui penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Cikarang, Jawa Barat, Kamis 17 September 2020.

Sesuai petunjuk teknis penyerahan BSU, Kemnaker memiliki waktu maksimal empat hari untuk melakukan "check list" atau pemeriksaan ulang data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan itu.

Baca Juga: Kaget Lihat CCTV, Komplotan Ini Gagal Curi Motor di Ciparay Bandung

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, setelah melakukan pemeriksaan data, Kemnaker kemudian akan menyerahkannya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dicairkan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) sebagai penyalur.

Dengan penambahan 2,8 juta data untuk tahap 4 tersebut, maka total terdapat 11,8 juta pekerja sudah dan akan menerima subsidi gaji, dengan tahap 1 diberikan ke 2,5 juta orang, tahap 2 kepada 3 juta orang dan tahap 3 kepada 3,5 juta orang.

Pemerintah sebelumnya menargetkan 15,7 juta pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 juta akan menerima subsidi upah tersebut.

Baca Juga: Tim Gabungan Bakal Tindak Tegas Warga Kota Bandung yang Langgar Protokol Kesehatan

Untuk tahap 3 proses penyerahan BSU dengan total Rp2,4 juta itu sudah mulai dilaksanakan prosesnya pada pekan ini.

"Batch III sudah kita mulai transfer sejak kemarin untuk 3,5 juta pekerja," tegas Ida.

Menurut data Kemnaker, sampai dengan 14 September 2020 penyaluran subsidi tahap 1 dan tahap 2 telah diberikan kepada 5,45 juta penerima atau 99,1 persen dari total penerima tahap 1 dan tahap 2 sebanyak 5,5 juta orang.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x