Covid-19 Varian Baru Sumbang Kenaikan Kasus di Indonesia, Kemenkes: Segera Vaksinasi, Gratis!

- 11 Desember 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi vaksinasi covid-19.
Ilustrasi vaksinasi covid-19. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS – Kasus Covid-19 naik lagi di sejumlah negara ASEAN, termasuk Indonesia dengan rata-rata kasus harian bertambah 35-40 kasus. Pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat 60-131 orang per 6 Desember 2023, dengan tingkat keterisian rumah sakit sebesar 0.06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus Covid-19 ini didominasi oleh sub varian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Selain XBB, ada 2 sub varian baru yang sudah terdeteksi di Indonesia dan turut menyumbang kenaikan angka kasus Covid-19 di Tanah Air. Dua sub varian itu adalah Eris atau EG2 dan EG5.

Baca Juga: Pemprov Jabar Terbitkan SE Vaksinasi Ulang Seiring Peningkatan Kasus Covid-19, Begini Ketentuannya

Segera melakukan vaksinasi atau melengkapi dosis vaksin booster menjadi imbauan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada masyarakat seiring terjadinya peningkatan kasus Covid-19 baik karena varian XBB maupun kehadiran sub varian baru, EG2 dan EG5.

“Saat ini, kami melihat ada kenaikan (kasus) yang cukup signifikan, diharapkan seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi, dosis lengkap maupun booster,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan resminya dikutip Senin, 11 Desember 2023.

Maxi mengatakan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap maupun booster bisa didapatkan secara gratis di puskesmas, rumah sakit, atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Pj Gubernur Jabar Minta Warga Vaksinasi Ulang

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x