Bayar Tol Sistem MLFF Pengganti Tap E-Toll di Indonesia Pada 2024 Ikut Dilirik Malaysia

- 6 Desember 2023, 08:20 WIB
Ilustasi Jalan Tol.
Ilustasi Jalan Tol. /Dok Jasa Marga

PRFMNEWS – PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkapkan teknologi bayar layanan penggunaan jalan tol dengan teknologi MLFF (Multi Lane Free Flow) yang akan diterapkan di Indonesia pada tahun 2024 ikut dilirik Malaysia.

Malaysia yang mengetahui keunggulan teknologi MLFF untuk pembayaran tol tanpa henti berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) ini bahkan sudah mengirimkan delegasinya ke Indonesia untuk mempelajari penerapan metode pengganti tapping kartu e-toll ini.

Direktur PT Roatex Indonesia Toll System Gyula Orosz menyatakan Indonesia menjadi pionir dan negara pertama di Asia Tenggara atau ASEAN yang menerapkan teknologi MLFF ini. Sehingga Malaysia tertarik untuk mempelajari sistem canggih bayar tol dengan kendaraan tetap melintas di pintu tol ini di Indonesia.

Baca Juga: Uji Coba Bayar Tol MLFF Berlaku untuk Jenis Kendaraan ini, Roatex Ungkap Jadwal Penerapannya di Indonesia

Gyula menuturkan delegasi Intelligent Transport System (ITS) Malaysia sebelumnya berkunjung ke Control Center PT RITS di Jakarta untuk mempelajari implementasi MLFF berbasis GNSS di Indonesia.

Kunjungan delegasi ITS Malaysia ini dalam upaya mempelajari bagaimana sistem MLFF diterapkan di Indonesia, antara lain dengan mengunjungi Control Center yang mampu memonitor arus kendaraan di ruas tol, serta memastikan transaksi pembayaran yang terjadi dengan menggunakan teknologi berbasis GNSS.

“Kunjungan ini menjadi momen penting, sebagai pengakuan atas keunggulan Indonesia dalam bidang transportasi yang mampu memberikan solusi atas permasalahan umum yang dihadapi seperti kemacetan di pintu-pintu tol saat melakukan pembayaran, sehingga tercipta efisiensi waktu tempuh,” ujar Gyula.

Dalam kunjungan di Control Center MLFF, imbuh dia, delegasi Malaysia ini melakukan diskusi dan tanya jawab dengan PT RITS mengenai basis teknologi, perangkat, serta bagaimana implementasinya di Indonesia.

Baca Juga: Sejumlah Perbedaan MLFF dan Kartu E-Toll Sebagai Sistem Pembayaran Bagi Pengguna Jalan Tol

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x