Update Kabar CPNS 2024 Jalur Sekolah Kedinasan dan Umum, Jadwal, Kuota Formasi dan Daftar Instansi

- 8 Mei 2024, 06:20 WIB
Daftar Sekolah Kedinasan 2024 yang Membuka Pendaftaran, Langung Menuju Link
Daftar Sekolah Kedinasan 2024 yang Membuka Pendaftaran, Langung Menuju Link /freepik/@freepik/

PRFMNEWS – Pemerintah umumkan kabar terbaru seputar pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024, baik untuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur sekolah kedinasan maupun jalur umum untuk berbagai kementerian/lembaga (K/L) di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda).

Update pengumuman jadwal, kuota formasi, hingga daftar instansi membuka pendaftaran seleksi CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan dan jalur umum untuk lingkup pemerintah pusat termasuk IKN dan pemda disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Selasa 7 Mei 2024.

Terkait jadwal, Menteri PANRB mengatakan pendaftaran seleksi CPNS 2024 sekolah kedinasan akan dimulai pada bulan Mei. Kendati begitu, Menteri Anas belum merinci tanggal tahapan rekrutmen CPNS 2024 untuk jalur sekolah kedinasan ini..

Baca Juga: Pemerintah Buka 3.445 Formasi CPNS Khusus 8 Sekolah Kedinasan Bulan Mei 2024, Ini Rinciannya

“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” ujar Anas dalam keterangan resmi di laman Kementerian PANRB.

Pada seleksi CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan, lanjut Anas, Kementerian PANRB menetapkan persetujuan formasi pada 8 (delapan) instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan jumah total alokasi 3.445 formasi.

Daftar 8 instansi tersebut adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Badan Intelijen Negara (BIN).

Adapun sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), Politeknik Statistika – Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), serta 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kemenhub.

“Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman. Misalnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim. Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security,” kata Anas.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah