Uji Coba Bayar Tol MLFF Berlaku untuk Jenis Kendaraan ini, Roatex Ungkap Jadwal Penerapannya di Indonesia

- 6 Desember 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi gerbang tol.
Ilustrasi gerbang tol. /Rivan Awal Lingga/nz/ANTARA FOTO


PRFMNEWS – PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkap rencana uji coba perdana sistem bayar tol non-tunai nirsentuh atau MLFF (Multi Lane Free Flow) sebagai pengganti tapping kartu e-toll di Indonesia akan diterapkan terbatas pada sejumlah kendaraan.

Selain menyebutkan jenis kendaraan yang akan perdana ikuti uji coba penerapan sistem MLFF, RITS juga memaparkan jadwal mulai kapan cara pembayaran layanan penggunaan jalan tol tanpa kendaraan harus berhenti di gerbang tol (GT) ini diberlakukan di Indonesia.

Terkait jadwal, Direktur PT RITS Gyula Orosz menjelaskan uji coba perdana sistem MLFF untuk pihak eksternal akan dilakukan pada minggu kedua Desember 2023 di Jalan Tol Bali Mandara khusus bagi sejumlah kendaraan masuk kategori “friendly user”.

Baca Juga: Sejumlah Perbedaan MLFF dan Kartu E-Toll Sebagai Sistem Pembayaran Bagi Pengguna Jalan Tol

"Pada akhirnya, teknologi MLFF akan diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia. Namun, pada tahap awal kita akan melakukan uji coba teknologi tersebut di Jalan Tol Bali Mandara dengan friendly user di Bali," kata Orosz, Selasa 5 Desember 2023.

Adapun jenis kendaraan tergolong dalam kategori friendly user yang dimaksud yakni, kendaraan dinas kementerian, kepolisian, dan perusahaan taksi di Bali.

Orosz mengaku sebelumnya sudah melakukan tahapan uji coba MLFF secara internal dan hasilnya berjalan dengan baik.

Setelah lakukan tahap uji coba eksternal dengan melibatkan friendly user tersebut, maka hasilnya akan dievaluasi oleh Kementerian PUPR untuk selanjutnya masuk ke tahap transisi penggunaan teknologi bayar tol tanpa henti pengganti metode tapping kartu e-toll itu di ruas jalan tol lain di Indonesia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x