Dikeluhkan Mahal, Menparekraf Sebut Harga Tiket Pesawat Domestik Bakal Lebih Murah, Mulai Kapan?

- 8 Mei 2024, 07:40 WIB
Pesawat perdana yang mendarat di BIJB Kertajati Minggu, 29 Oktober 2023.
Pesawat perdana yang mendarat di BIJB Kertajati Minggu, 29 Oktober 2023. /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Keluhan masyarakat soal harga tiket pesawat rute domestik (dalam negeri) yang lebih mahal ketimbang tiket penerbangan internasional (luar negeri) banyak muncul terutama sejak pandemi Covid-19 berlalu. Namun baru-baru ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membawa bocoran kabar baik.

Menteri Sandiaga Uno mengatakan solusi tangani masalah harga tiket pesawat domestik yang mahal dan tidak kunjung turun pasca pandemi Covid-19 sudah mulai tertangani oleh Pemerintah. Itu artinya, harapan harga tiket pesawat rute dalam negeri akan turun menjadi lebih murah bisa segera terwujud.

Strategi upaya yang diterapkan untuk membuat harga tiket pesawat domestik turun menjadi lebih murah, ungkap Menparekraf, yakni dengan mendorong maskapai melakukan penambahan jumlah unit pesawat terbang termasuk jumlah penerbangannya.

Baca Juga: BIJB Kertajati Tambah Rute dan Maskapai Penerbangan Baru, Terbang dari Majalengka Semakin Banyak Pilihan

"Terkait dengan tiket pesawat mahal sudah mulai tertangani. Maskapai pesawat menambah jumlah pesawat dan jumlah penerbangan," ujar dia di Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Terkait kapan harga tiket pesawat domestik mulai turun menjadi lebih murah dibandingkan tarif tiket penerbangan ke luar negeri khususnya negara tetangga, Sandiaga memprediksi, kondisi tersebut akan terwujud pada pertengahan tahun 2024.

“Kami prediksi pada paruh kedua tahun ini harga tiket mudah-mudahan bisa lebih terjangkau,” sebut dia.

Sandiaga mengakui bahwa harga tiket pesawat yang mahal masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diatasi, mengingat banyaknya keluhan masyarakat tentang kondisi tersebut.

Baca Juga: Sudah Beroperasi, Ini Jadwal dan Rute Penerbangan Pesawat Dilayani di Bandara Dhoho Kediri

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah