PMI Minta Warga Benar Saat Gunakan Masker, Jangan Cuma Buat Menghindari Razia

- 13 September 2020, 05:57 WIB
Seorang pengunjung sedang melintas di samping papan peringatan untuk menerapkan social distancing di Pasar Baru Trade Center, kota Bandung, Kamis 13 Agustus 2020.*
Seorang pengunjung sedang melintas di samping papan peringatan untuk menerapkan social distancing di Pasar Baru Trade Center, kota Bandung, Kamis 13 Agustus 2020.* /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Masker, saat ini menjadi sesuatu yang wajib digunakan setiap orang untuk mencegah penularan covid-19. Sayangnya, Palang Merah Inonesia (PMI) melihat masih banyak warga yang menggunakan masker dengan tidak benar.

Pengurus PMI Pusat Bidang Kesehatan dan Sosial Heru Aryadi menjelaskan, masker harus terpasang dengan benar. Pasalnya, penggunaan masker ini fungsinya adalah untuk meminimalkan terjadinya penularan virus ini melalui droplet. Jika pemasangan masker tidak benar, maka potensi terjadinya penularan tetap tinggi.

Bahkan menurutnya, tak sedikit juga warga menggunakan masker secara asal-asalan hanya untuk menghindar dari razia masker yang sudah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Dewan Harap AKB Ketat di Kota Bandung Disertai Juga dengan Pengawasan dan Tindakan Tegas

"Jangan sampai warga asal-asalan menggunakan masker apalagi hanya sebatas untuk menghindari razia yang dilakukan petugas," katanya Sabtu, 12 September 2020 sebagaimana dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Adapun beberapa langkah yang benar dalam mengguna masker adalah, pertama sebelum memakai masker harus cuci tangan dengan sabun yang benar, kemudian pegang tali dan menarik masker dengan menggunakan ujung jari hingga masker tersebut menutup hidung, mulut dan dagu dengan sempurna.

Baca Juga: Innalillahi, KPU Sebut 63 Calon Peserta Pilkada 2020 Terpapar Corona

Kemudian, tekan tepi masker yang kaku sesuai lekukan hidung seperti yang ada pada masker medis, selanjutnya jangan sekali-kali menurunkan masker ke dagu karena bisa berpotensi terinfeksi oleh virus, bakteri maupun kuman yang menempel pada bagian depan masker itu.

Terakhir cara melepasnya adalah dengan memegang tali dan langsung lepaskan dan jangan menyentuh bagian depan masker, setelah itu cuci dengan sabun atau membilas tangan dengan hand sanitizer.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x