Dukung Digitalisasi, Mendag Tetap Ingatkan Teknologi yang Masuk Tidak Merugikan Industri dan UMKM

- 3 November 2023, 10:30 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat jadi pembicara di acara WhatsApp Business Summit di Jakarta Rabu, 1 November 2023.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat jadi pembicara di acara WhatsApp Business Summit di Jakarta Rabu, 1 November 2023. /Kemendag/

PRFMNEWS - Perkembangan teknologi informasi tidak dapat dibendung hingga membuat semua sektor nyaris tersentuh oleh digitalisasi. Di tengah situasi ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa kehadiran teknologi digital ini harus memberikan manfaat bagi UMKM.

Zulkifli berharap, semakin berkembangnya teknologi dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi semua pihak dan tidak merugikan UMKM karena pemanfaatan teknologi digital sangat penting dalam mengembangkan UMKM dan mewujudkan Indonesia sebagai negara maju tahun 2045.

"Kita harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Teknologi digital harus dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi semua pihak," kata Mendag Zulkifli Hasan saat jadi pembicara di acara WhatsApp Business Summit di Jakarta Rabu, 1 November 2023 lalu.

Baca Juga: Timnas Argentina U-17 Sudah Tiba di Bandung, Berlatih di GBLA

Kata Zulkifli, hadirnya teknologi sangat memberikan pengaruh terhadap percepatan perkembangan bisnis UMKM. Namun lagi-lagi dia mengingatkan agar teknologi yang masuk tidak merugikan industri dan UMKM.

"Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan teknologi karena itu penting dan menentukan kecepatan kita. Tanpa teknologi, kita akan tertinggal. Namun, jangan sampai teknologi itu menjadikan industri dan UMKM kita malah terpuruk. Kita tentu ingin win-win, kita berkembang dan teman-teman yang mengembangkan teknologi juga mendapat manfaat yang besar," ungkapnya.

Melalui penataan platform digital dan pengembangan eksosisitem digital dengan baik, diharapkan teknologi yang masuk dapat membantu Indonesia mengembangkan UMKM dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju tahun 2045.

"Kalau platform digital bisa kita tata, ekosistem kita kembangkan dengan baik, maka kita berharap teknologi yang masuk itu akan sangat menguntungkan dan membantu kita untuk mengembangkan UMKM dan ekosistem usaha dalam negeri agar cita-cita kita menjadi negara maju tahun 2045 dan menembus pasar dunia bisa kita capai, bukan sebaliknya," urainya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x