Selain Bansos Beras, Jokowi Akan Bagikan BLT El Nino Rp400 Ribu untuk 2 Bulan

- 26 Oktober 2023, 07:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi /Tangkap Layar YouTube KEMENTERIAN BUMN RI

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan bagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak kekeringan akibat fenomena El Nino senilai Rp400.000.

Rencana pemberian BLT El Nino berupa uang tunai Rp400.000 ini disampaikan Presiden Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat menyerahkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat di Kota Padang.

"Karena ada super El Nino, dan jangan sampai hal itu mengurangi daya beli masyarakat, maka pemerintah juga akan mengeluarkan BLT El Nino," kata Presiden Jokowi, Rabu 25 Oktober 2023.

Baca Juga: Jauh Hari Sebelum Pecah, Jembatan Kaca The Geong Sudah Banyak Dikomplain di Medsos

Jadwal pembagian BLT El Nino Rp400 ribu, ujar Jokowi, akan diserahkan langsung kepada masyarakat yang dicairkan dalam 2 (dua) bulan, yakni Rp200 ribu pada November dan Rp200 ribu lagi di periode Desember 2023.

Sebelum rencana pemberian BLT El Nino, pemerintah juga sudah membagikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg) kepada 21,35 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM) untuk membantu mereka menghadapi kekeringan tahun ini. Bansos beras sudah digelontorkan sejak September 2023.

Presiden menyebut kebijakan bansos beras tersebut ditempuh salah satunya demi meredam inflasi. Selain September, bansos beras juga dibagikan pada Oktober, November dan akan diperpanjang hingga Desember 2023.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Buka Tahura Bandung Selama Proses Revitalisasi yang Berlangsung 2 Bulan

“Dalam rapat, Presiden juga mengarahkan untuk bantuan beras dilanjutkan di Desember 2023,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, Selasa 24 Oktober 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x