Mendag Tanggapi Keluhan Pedagang Tanah Abang, Begini Katanya

- 10 Oktober 2023, 20:30 WIB
Pedagang menawarkan dagangannya secara daring melalui media sosial di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Sejumlah pedagang di pasar tersebut menyatakan mengkombinasikan dengan penjualan daring guna meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Pedagang menawarkan dagangannya secara daring melalui media sosial di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Sejumlah pedagang di pasar tersebut menyatakan mengkombinasikan dengan penjualan daring guna meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas. /Antara Foto/

PRFMNEWS – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merespons keluhan dari pedagang Pasar Tanah Abang yang minta agar platform belanja online ditutup setelah pemerintah menutup TikTok Shop.

Mendag mengatakan bahwa tempat belanja online pada era saat ini tidak bisa dihindari sebagai sarana konsumen untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

Zulkifli Hasan menilai justru pedagang yang tidak beralih ikut ke pasar digital dengan menjajakan produknya melalui platform e-commerce yang legal akan tertinggal perkembangan zaman.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Datang ke Pasar Tanah Abang untuk Berikan Dukungan kepada Para UMKM

"Kan enggak bisa dihindari namanya itu platform digital, itu zaman kok. Saya bilang teman-teman di Pasar Tanah Abang, sayur saja online sekarang, apalagi pasar-pasar yang jual barang komersial, pakaian, sepatu, itu kan harus juga mengikuti selain offline, online," kata Zulkifli, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Selasa 10 Oktober 2023.

Untuk itu Zulkifli mengajak para pedagang di Pasar Tanah Abang untuk masuk ke dalam bisnis penjualan online melalui platform e-commerce seiring dengan peralihan perilaku konsumen dalam membeli barang.

Dia juga mengapresiasi salah satu platform e-commerce yang mewadahi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjual produknya secara online.

"Itu membantu UMKM, tinggal sekarang (pedagang) Tanah Abangnya ayok respons. Segera ikutan Shopee kan gitu. Jangan enggak ikut, kan dia udah enggak barang luar lagi, barang dari kita UMKM," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x