Beroperasi 1 Oktober, Ini Daftar Akses Jalan Nasional-Tol ke 4 Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung

- 10 September 2023, 14:00 WIB
Foto dari Udara, Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar
Foto dari Udara, Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar /Dok KCIC

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk selanjutnya dapat beroperasi secara komersial ditargetkan berlangsung 1 Oktober 2023.

Menhub memastikan sejumlah akses jalan menuju dari dan ke empat stasiun yang dilintasi Kereta Cepat Jakarta Bandung, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar tengah dikebut pembangunannya jelang operasional KCJB.

Menhub menyatakan jalan tol, jalan nasional, jalan provinsi, hingga jalan kabupaten untuk akses dari dan ke Stasiun Kereta Cepat Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar ditargetkan sudah bisa dilintasi penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung pada saat operasional secara komersial.

Baca Juga: Seorang WNI Dilaporkan Tewas Terseret Banjir Bandang di Hong Kong

Untuk memastikan pengerjaan jalan nasional hingga jalan tol menuju dari dan ke empat stasiun di sepanjang trase Kereta Cepat Jakarta Bandung berjalan sesuai target, Menteri Budi Karya meninjau progres pembangunan aksesibilitas jalan ini sekaligus uji coba kembali, Sabtu 9 September 2023.

“Hari ini saya melakukan pengecekan progres aksesibilitas jalan penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sebelum beroperasi pada 1 Oktober 2023,” ujar Budi Karya.

Guna percepatan pengerjaan aksesibilitas jalan stasiun kereta cepat, imbuh Budi, pihaknya akan berkolaborasi dengan segenap pemangku kepentingan seperti Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung, PT. Jasa Marga, serta sejumlah lembaga dan pihak swasta terkait.

Budi merincikan sejumlah aksesibilitas jalan yang tengah dibangun menjelang beroperasinya Kereta Cepat Jakarta Bandung 1 Oktober 2023, yaitu :

Baca Juga: Lebih dari 2.000 Orang Tewas dalam Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,8 di Maroko

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah