Hadiri IDC AMSI, Ridwan Kamil Bicara Soal Era Disrupsi Digital dan AI

- 23 Agustus 2023, 14:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi keynote speaker dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2023 di Hotel El Royale, Kota Bandung, Rabu 23 Agustus 2023.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi keynote speaker dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2023 di Hotel El Royale, Kota Bandung, Rabu 23 Agustus 2023. /AMSI/

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, zaman sekarang mengalami disrupsi. Oleh karena itu, sangat penting beradaptasi agar tidak kalah oleh teknologi Artificial Intelligence (AI).

Hal tersebut dikatakan Ridwan Kamil saat menjadi keynote speaker dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2023 di Hotel El Royale, Kota Bandung, Rabu 23 Agustus 2023.

"Saya pemimpin Jawa Barat, setiap hari saya beradaptasi. Saat ini saya kaum generalis, saya dulu kaum spesialis arsitektur desain. Sejak jadi pemimpin saya harus pintar segala urusan dari inflasi, AI saya harus pahami," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Di Tengah IDC dan AMSI Awards 2023 Ada Bahasan Mengenai AI untuk Transformasi Bisnis di Berbagai Sektor

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan bahwa Indonesia adalah pengguna internet terbesar yang mencapai per tahun lalu 204 juta dan jumlah nomor telfon selular yang beredar sudah di atas 350 juta.

Tak hanya itu, menurut Kang Emil, Indonesia juga negara yang penggunaan telfon selularnya paling lama sedunia yakni mencapai 5,7 jam per hari.

"Poin saya apa? Di setiap disrupsi ada sisi baik ada the dark side of dessert. Saya Sebagai pemimpin harus mendorong-dorong yang positif, tapi harus juga menyiapkan benteng-benteng terhadap sisi gelap ini dan negara harus siap terhadap hal itu," ungkapnya.

Baca Juga: Spirit Merah Putih! Fatigon Bersama Pandawara Group dan Anak Muda Lakukan Aksi Bersihkan Lingkungan di Bandung

Kang Emil menjelaskan, di Indonesia perputaran ekonomi digital di Indonesia mencapai 220 miliar dolar.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x