Indonesia Juara Umum Asean Skill Competition di Singapura

- 2 Agustus 2023, 10:45 WIB
Indonesia Juara Umum Asean Skill Competition di Singapura.
Indonesia Juara Umum Asean Skill Competition di Singapura. /BBPVP Bandung/

PRFMNEWS – ASEAN Skill Competition (ASC) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, akhirnya kembali digelar pada tahun 2023 ini.

Tak hanya ikut bergabung sebagai peserta, kontingen asal Indonesia juga membawa hasil yang memuaskan dengan mengalahkan tuan rumah, yakni Singapura. Menurut keterangan dari pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) perolehan yang diraih mencapai 27 medali yang terdiri dari 14 medali emas, 8 perak, 3 perunggu, dan 2 medali.

Saat ditemui pada Selasa, 1 Agustus 2023 kemarin di Kantor Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung Jalan Gatot Subroto, Kepala BBPVP Kota Bandung Solahudin menyatakan bahwa ia bangga dan merasa bersyukur karena kontingen Indonesia berhasil unjuk gigi dan menorehkan penghargaan sesuai dengan kerja keras yang telah mereka bangun dari awal semenjak berlatih di BBPVP Bandung.

Baca Juga: BBPVP Bandung Adakan Pelatihan PBK Tahap V dan Tahap 2 BLK Komunitas Binaan

Kesuksesan ini juga tak luput dari peran para instruktur yang tidak kalah penting.

“Para instruktur juga harus menyesuaikan kompetensi, kondisi mentalitas, modul-modul serta pelatihan yang harus sesuai kriteria nasional maupun internasional, maka dari situ SDM yang unggul bisa diciptakan melalui pelatihan BBPVP Bandung," katanya.

Hal ini juga disetujui oleh juara tiga Asean Skill Competition dalam bidang automobile technology asal Pekalongan, yakni Sugiarto. Ia mengatakan bahwa proses di balik kesuksesannya tidak diwujudkan secara instan, bukan hanya tentang rangkaian pelatihan saja yang menjadi inti dalam kemenangannya.

Sugiarto bahkan harus berjuang dari bulan Agustus 2022 untuk memasuki tahapan seleksi daerah, kemudian ia baru bisa masuk seleksi nasional yang diadakan di pusat pelatihan BBPVP Bandung pada bulan September 2022.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x