Viral Fenomena Langka Hujan Salju di Kawasan Tambang Grasberg Tembagapura, BMKG Ungkap Penyebabnya

- 26 Juli 2023, 18:00 WIB
Viral Fenomena Langka Hujan Salju di Kawasan Freeport Tembagapura Papua
Viral Fenomena Langka Hujan Salju di Kawasan Freeport Tembagapura Papua /ANTARA/HO/Dokumen Pribadi


PRFMNEWS – Video salju turun di wilayah tambang Grasberg, Tembagapura, Mimika, Papua Tengah yang direkam oleh seorang pekerja PT Freeport Indonesia baru-baru ini viral di media sosial (medsos).

Penjelasan soal penyebab salju turun di kawasan Mimika Papua ini disampaikan pihak Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura.

Prakirawan Cuaca Balai BMKG Jayapura Septiana Monicasari mengatakan, penyebab turunnya salju di Tembagapura itu imbas dari musim penghujan yang saat ini terjadi di wilayah tersebut.

Baca Juga: Salju Abadi di Puncak Jaya Terus Mencair, Sejumlah Dampak Buruk ini Bisa Mengancam Indonesia

Septiana menyebut musim penghujan di wilayah Tembagapura dan sekitarnya diperkirakan terjadi hingga Agustus 2023, sehingga potensi terbentuknya awan-awan hujan juga meningkat.

Menurut Septiana, salju dilaporkan turun di wilayah Papua Tengah tersebut pada Minggu 24 Juli 2023 dan merupakan fenomena langka terjadi di Indonesia yang merupakan wilayah tropis.

Salju merupakan partikel-partikel es kecil dalam awan yang menyatu membentuk kristal es dan saat ukurannya semakin besar jatuh ke permukaan tanah.

Baca Juga: Arab Saudi Pastikan Video Salju Turun di Masjidil Haram Merupakan Kabar Palsu

“Kristal es di awan dapat terbentuk jika suhu atmosfer berada di bawah titik beku 0 derajat Celcius. Secara umum kristal es dapat jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk salju apabila suhu di sekitar permukaan tanah kurang dari 5 derajat Celsius,” ungkap dia, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x