Menkes Sebut Vaksin Gratis Covid-19 Disetop 31 Desember, Kecuali bagi 2 Kategori Masyarakat ini

- 25 Juli 2023, 07:20 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pembiayaan pemerintah untuk menggratiskan program vaksinasi COVID-19 berakhir pada 31 Desember 2023.
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pembiayaan pemerintah untuk menggratiskan program vaksinasi COVID-19 berakhir pada 31 Desember 2023. /dok. ANTARA/Siti Nurhaliza

PRFMNEWS – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi Covid-19 gratis dari pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia akan berakhir pada 31 Desember 2023.

"Kami diminta sampai akhir tahun ini (biaya vaksinasi Covid-19) masih ditanggung negara," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 24 Juli 2023.

Budi menambahkan, ada dua kategori masyarakat yang tetap akan mendapat vaksin Covid-19 gratis dari Pemerintah RI meski program ini telah berakhir pada 31 Desember 2023.

Baca Juga: Kemenkes Ajak Masyarakat Kenali Prediabetes Serta Cara Mencegahnya, Simak Informasi Lengkapnya

Menkes menyebutkan, kelompok masyarakat berisiko tinggi dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan tetap bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 tanpa bayar alias gratis mulai Januari 2024.

"Kebijakan pemerintah arahnya jika (orang) ini beresiko tinggi dan dia sudah dicover BPJS Kesehatan, dia masuk ke situ (program vaksinasi gratis). Kalau belum, masih beli sendiri normal seperti layanan kesehatan lainnya," jelas Budi.

Budi mengungkapkan bahwa vaksinasi Covid-19 tetap dibutuhkan dan perlu dilakukan meskipun Indonesia telah memasuki era endemi yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023.

Baca Juga: Penumpang KA Boleh Lepas Masker, Orang Belum Vaksin Covid-19 Sama Sekali Bisa Naik Kereta Api?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x