Perjalanan Owner OZA Tea Berkelana di 'Dunia Teh' dan Sukses Dibantu Penjualan Online

- 24 Juli 2023, 22:02 WIB
Oza Sudewo, pemilik usaha OZA Tea
Oza Sudewo, pemilik usaha OZA Tea /PRFM


PRFMNEWS - Budaya minum teh nampaknya sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Ngeteh bahkan sudah terkenal sejak zaman Hindia Belanda.

Tren racikan Tea Artisan pun saat ini mulai digemari masyarakat. Oza Sudewo, pemilik usaha OZA Tea menceritakan kisah dirinya berkelana di dunia teh.

Oza memulai usahanya pada awal 2010. Ia terpincut dari Eropa, Amerika, dan negara tetangga yakni Singapura yang punya ragam special tea.

Baca Juga: Resep Es Lemon Earl Grey Tea yang Simpel dan Menyegarkan

"Eropa, Amerika, dan Singapura sudah ada teh spesial, Indonesia kapan. Saya lihat peluang yang bagus, akhirnya saya bikin Oza Tea," kata Oza dalam kegitan workshop Tokopedia Dukung UMKM Lokal Bandung Lestarikan Teh Asli Indonesia, Senin 24 Juli 2023.

Ia mengawali bisnis ini dengan skema B2B dengan menyuplai ke kafe dan retail. Oza juga sempat membuka tempat sendiri di Bandung, tapi gagal berlanjut pada 2015.

Pada tahun berikutnya ia kemudian berusaha bangkit dan mengambil sertifikasi meracik teh di luar negeri. Skill ini pun membuat dirinya dipercaya sebagai juri kompetisi teh di Singapura pada 2017.

Baca Juga: Cerita Eddi Brokoli Sudah 64 Kali Donor Darah, Juga Jadi Calon Donor Kornea Mata

"Pada 2018 Oza Tea re-start. Kita fokus B2B, kita melayani cofeeshop, restoran dan 2020 mulai ke retail. Pertama kali tap in itu di Tokopedia," tuturnya.

Alasan Oza memilih Tokopedia sebagai platform penjualan online karena merasa 'cocok' dengan interface dan sesuai kelas pemasaran Oza Tea.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah