Jokowi Minta Masyarakat Tak Ribut Soal Pemilu 2024: Yang di Atas Saja Ngopi Bareng, di Bawah Bertengkar,Ngopo?

- 24 Juli 2023, 07:40 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /ANTARA/Gilang Galiartha

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Pemilu 2024 harus berjalan dengan damai dan gembira. Ia tak menginginkan, pesta demokrasi lima tahunan itu diwarnai dengan ketakutan.

"Sudah sering kita dengar pemilu itu pesta demokrasi. Namanya pesta harusnya rakyat itu bersenang, rakyat itu bergembira. Tidak boleh ada ketakutan-ketakutan. Tidak boleh ada pertengkaran-pertengkaran," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada puncak Harlah PKB ke-25 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu, 23 Juli 2023

Mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan agar tidak ada lagi ujaran kebencian, berita bohong, hingga fitnah seperti yang terjadi di pemilu sebelumnya. Sebab hal tersebut membawa pertengkaran dan ketakutan masyarakat yang menyebabkan rakyat tak bisa merayakan pesta demokrasi dengan gembira.

Baca Juga: Baliho Artis Bermunculan di Bandung Jelang Pemilu 2024, Wajah Vicky Prasetyo Terpampang di Padalarang

“Jangan ada lagi ujaran kebencian, jangan ada lagi berita bohong, jangan lagi ada hoaks terutama di medsos. Jangan lagi ada fitnah-fitnahan, utamanya di medsos. Saya kalau baca medsos kadang-kadang geleng-geleng. Kok nggih koyo ngeten (kok ya seperti itu). Sami-sami sederek, sami-sami sedulur (sama-sama saudara) apalagi atas nama agama ini tidak boleh terjadi," ujarnya.

Menurutnya dalam demokrasi perbedaan merupakan hal yang wajar. Sehingga hal tersebut jangan sampai menjadi sumber pertengkaran dengan saling menjelekkan.

Jokowi juga menjelaskan, para ketua umum partai politik dan calon presiden 2024 kerap bersama-sama untuk sekadar makan dan ngopi bareng. Karenanya, dia juga meminta masyarakat menghindari pertengkaran usai pemilu.

Baca Juga: Soal Pemilu 2024, Pengamat: Ridwan Kamil Punya Kedekatan Khusus dengan Jokowi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah