Kemenparekraf Beri Perhatian Khusus Terkait Pencegahan Calo Tiket Konser

- 5 Juli 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi konser musik.
Ilustrasi konser musik. /Freepik/bedneyimages/


PRFMNEWS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memastikan memberi perhatian khusus terkait pencegahan praktik percaloan tiket konser, khususnya yang menampilkan musisi internasional.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekfra, Vinsensius Jemadu mengatakan, pihaknya memperkuat kolaborasi dengan sejumlah pihak untuk mencegah munculnya praktik percaloan tiket sekaligus menjamin keamanan pelaksanaan konser.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini ada banyak konser dari musisi-musisi berkelas internasional digelar di Indonesia.

Baca Juga: Kemenparekraf Bakal Cabut Izin Operasi Pengelola Wisata yang Naikkan Tarif Selangit

"Terkait law enforcement, Kemenparekraf bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk menindak tegas calo tiket dan memberikan sanksi yang sesuai. Agar dapat memberikan kepercayaan kepada musisi internasional bahwa Indonesia serius dalam memerangi praktik percaloan ini," kata Vinsensius.

Selain itu, Vinsensius mengungkapkan Kemenparekraf dan pihak promotor terus berupaya memberikan keterangan yang akurat kepada Polri mengenai pembelian tiket konser. Sehingga, diharapkan praktik-praktik pencaloan dapat dicegah dan ditindak tegas sejak awal.

"Kemenparekraf dan promotor juga berkolaborasi untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan event dengan mendorong promotor memberikan informasi yang jelas tentang harga tiket," katanya.

Baca Juga: Kemenparekraf Luncurkan E-Booklet Mudik Jelajah Masjid di Indonesia

Kemenparekraf juga mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, terutama terkait penyebaran informasi pelaksanaan konser musisi internasional.

"Jadi informasi yang diperoleh tersebut baiknya disaring dulu sebelum disebarkan agar kita bisa mencegah penipuan oleh calo tiket," kata Vinsensius.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x