Irigasi Rentang di Majalengka, Indramayu dan Majalengka Direhabilitasi untuk Tingkatkan Produktivitas Pangan

- 14 Juni 2023, 09:00 WIB
Rombongan Kementerian PUPR dan DPR RI saat lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 12 Juni 2023 kemarin.
Rombongan Kementerian PUPR dan DPR RI saat lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 12 Juni 2023 kemarin. /PUPR/

PRFMNEWS - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut berperan dalam peningkatan produktivitas pangan nasional melalui berbagai infrastruktur yang dibangunnya.

Salah satu hal yang penting dalam peningkatan produktivitas pangan nasional adalah dengan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang sangat penting bagi pertanian.

Salah satu pekerjaan rehabilitasi daerah irigasi skala besar oleh Kementerian PUPR dilakukan melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung adalah modernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Provinsi Jawa Barat yang mengairi areal pertanian seluas 87.840 hektar di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu dengan memanfaatkan debit Sungai Cimanuk.

Baca Juga: Meski Ada Kendala Internal, Menteri PUPR Tegaskan Transaksi Tol Nirsentuh Tetap Dimulai Tahun ini

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia mengatakan bahwa modernisasi Irigasi Rentang dilakukan karena usia sistem irigasi tersebut sudah puluhan tahun sehingga kinerja pelayanan airnya berkurang.

Kini proses pengerjaan rehabilitasi irigasi tersebut sudah mencapai 52 persen dan ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

“Sekarang progres pekerjaannya sudah mencapai 52%, dimana untuk Saluran Induk Premier dan Sekunder akan selesai di tahun 2024, sedangkan Saluran Induk Tersier akan selesai pada tahun 2026," kata Bob Arthur saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 12 Juni 2023 kemarin.

Baca Juga: Mensos Risma Beberkan Penyebab Bansos Salah Sasaran, Salah Satunya ‘Banyak Orang Mampu yang Mengaku Miskin’

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x